Connect with us

INTERNASIONAL

China Tolak Disalahkan Terkait Pandemi Virus Corona

Diterbitkan

pada

Presiden China Xi Jinping saat berbicara melalui sambungan video dalam sidang Majelis Kesehatan Dunia, tampak di layar raksasa di sebuah jalan di Beijing, 18 Mei 2020. Foto: AFP via VOA

KANALKALIMANTAN.COM, BEIJING -China mengecam Australia dan Amerika Serikat atas apa yang disebutnya manipulasi politik pandemi Covid-19.

Australia paling kencang menyerukan penyelidikan independen terhadap asal mula pandemi virus corona dan respons terhadap pandemi itu. Sedangkan Presiden Amerika Donald Trump menyalahkan China atas terjadinya pandemi global.

Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne memuji “Resolusi Kesehatan Dunia” yang disahkan pada Selasa (19/5). Resolusi itu menuntut “evaluasi komprehensif” independen pada respons global organisasi itu terhadap pandemi virus corona. Resolusi tersebut diajukan ke Majelis Kesehatan Dunia oleh Uni Eropa dan negara-negara anggota WHO lainnya.

Payne menggambarkannya sebagai “kemenangan bagi komunitas internasional.”

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan pada Selasa (19/5) bahwa China akan menyambut baik penyelidikan jika Australia kembali ke konsensus luas masyarakat internasional. Dia mengatakan Beijing selalu mendukung evaluasi komprehensif pandemi asalkan itu dipimpin oleh WHO dan dilakukan secara profesional dan tidak memihak.

Namun Presiden Amerika Donald Trump mengatakan bahwa WHO tidak netral. Dia menuduh badan internasional itu melindungi China yang dituduhnya sebagai penyebab krisis kesehatan global. Pada Selasa (19/5), Trump mengancam akan secara permanen menghentikan dana dari Amerika untuk WHO, yang telah dibekukannya. (lt/ft-VOA)

 

Reporter : VOA
Editor : VOA

 


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->