Connect with us

Barito Selatan

Bupati Barsel Lepas 165 Peserta Kontingen FBIM

Diterbitkan

pada

Bupati menyerahkan bendera kontingen FBIM Barsel kepada ketua Kontingen. Foto : digdo

BUNTOK, Bupati Barito Selatan (Barsel) melepas kontingen Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2019, untuk bersaing di Provinsi Kalteng, Jumat (14/6). Bupati Eddy Raya Samsuri berharap kontingen FBIM Barsel bisa bersaing dengan kontingen lain di Palangkaraya.

“Selalu semangat dan jaga pisik dan kesehatan agar selalu siap bersaing dalam bertanding dengan kontingen lain di Palangkaraya nanti,” kata Eddy Raya kepada Kanalkalimantan.com, usai pelepasan.

Ia juga berharap kepada kontingen FBIM dari Barsel bisa bersaing dan mampu masuk dalam tiga besar nanti, jadikan target tujuan sebagai motivasi dan ambisi untuk bisa bersaing dengan kontingen yang lain.

“Jadikan target sebagai motivasi kita untuk meraih juara, bukan malah menjadi beban,” ucap Eddy Raya.

Masih kata orang nomor satu di Barsel, kiranya untuk semua peserta dari kontingen Barsel dapat terus semangat, teruta dalam mengenalkan seni budaya Barsel di kancah Provinsi.

“Jangan kalah semangat dengan kontingen lain, dan teruslah berbangga dengan seni budaya kita,” katanya.

Ditambahkan olehnya sekaligus berharap kepada masyarakat Barsel, kiranya lewat FBIM ini bisa lebih menambah rasa cinta kepada budaya Kalteng, tidak terkecuali Barsel. “Kiranya lewat FBIM ini kita semakin cinta akan budaya kita dan tidak lupa asal usul kita dahulu serta tidak mudah terpengaruh dengan budaya asing,” pungkas Eddy Raya.(digdo)

Reporter : Digdo
Editor : Chell

Barito Selatan

PDAM Tirta Barito Berbagi Paket Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Pembagian sembako untuk warga sekitar PDAM Buntok yang ikut terdampak dari covid-19 ini. Foto : digdo

KANALKALIMANTAN.COM, BUNTOK– PDAM Tirta Barito Buntok membagikan 100 paket sembako kepada warga terdampak Covid-19. Langkah ini sebagai wujud kepedulian atas kondisi yang dialami sebagaian besar masyarakat di tengah pandemi.

Direktur PDAM Tirta Barito Buntok Rona C Laki mengatakan, sebagai wujud peduli pihaknya terhadap masyarakat sekitar dalam pandemi covid-19 ini, hari dilaksanakan pembagian 100 paket sembako untuk warga tidak mampu.

“Jadi hari ini kita melaksanakan aksi sosial sebagai wujud berbagi kasih di masa pandemi covid-19 untuk warga sekitar dengan memberikan paket sembako,” kata Rona kepada Kanalkalimantan.com, Jumat (22/5/2020).

Ia juga mengatakan, pembagian 100 paket sembako ini dikhususkan untuk warga sekitar lingkungan PDAM yang merasakan dampak dari covid-19 ini. “Untuk saat ini kita hanya dapat berbagi untuk warga sekitar PDAM Buntok saja,” ujar Rona.

Ia berharap lewat paket sembako yang dibagikan hari ini kiranya bisa meringankan sedikit beban warga. “Kita berharap lewat yang bantuan ini kiranya bisa meringankan sedikit beban warga untuk dapat terus lanjut bersama melawan masa pandemi covid-19 ini untuk cepat berakhir,” harapnya.

Di tempat yang sama Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri mengucapkan terimakasih kepada PDAM Tirta Barito Buntok yang turut berpartisipasi membantu warga sekitar. “Kita sangat bangga dan berterimakasih kepada pihak PDAM Tirta Barito Buntok yang ikut berbagi di masa pandami covid-19 ini,” kata Eddy Raya.

Ditambahkan olehnya selain membagi paket sembako sebelumnya juga PDAM Tirta Barito juga sudah memberikan diskon untuk pembayaran tagihan dan menghilangkan denda tagihan PDAM di masa pandemi covid-19 ini.

“PDAM Tirta Barito sudah banyak mebantu selain membagikan paket sembako juga sudah memberikan diskon dan menghilang denda untuk tagihan PDAM di masa sulit saat pandemi covid-19 ini,” tandas Eddy Raya.(kanalkalimantan.com/digdo)

Reporter : digdo
Editor : cell

 

Lanjutkan membaca

Barito Selatan

BLT Provinsi untuk 1.278 KK di Barsel Mulai Disalurkan Melalui Bank Pembangunan Kalteng

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Proses penyaluran BLT secara simbolis oleh Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri. Foto : Digdo

KANALKALIMANTAN.COM, BUNTOK– Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 1.278 Kepala Keluarga (KK) mulai disalurkan secara simbolis melalui Bank Pembangunan Kalteng Cabang Buntok, Jumat (22/5/2020).

Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri mengatakan, anggaran BLT yang bersumber dari APBD Provinsi Kalteng ini diharapkan bisa mencukupi kebutuhan warga kurang mampu dan terdampak Covid-19 yang belum mendapatkan jatah.

“Kiranya lewat BLT ini bisa mengisi kekosongan dari bantuan yang belum terakomodir,” kata Eddy Raya kepada Kanalkalimantan.com.

Ia berharap kepada penerima BLT, baik melalui dana desa, Kementrian Sosial, Kementrian Desa, bisa melaporkan agar nanti bantuan ini tidak tumpang tindih dengan bantuan BLT dari provinsi. “Kita harap masyarakat bisa melaporkan apa bila memang ada yang mendapatkan bantuan secara tumpang tindih dari sumber dana lain,” ucap Eddy Raya.

Untuk warga yang memang belum mendapatkan atau belum terdata, bisa langsung melaporkan ke pihak desa, kelurahan atau kecamatan agar bisa ditampung untuk dibantu secepatnya. Ia berharap juga bantuan yang selama ini diberikan bisa membuat Barsel lebih kuat dan tidak ketergantungan dengan bantuan.

“Kiranya lewat bantuan yang ada ini jangan hanya terlena namun bisa membuat lebih kuat lagi untuk ikut bersama pemerintah melawan, menghentikan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19, bersama kita pasti bisa,” tegas Eddy Raya.

Di tempat sama Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalteng Ati Mulyati mengatakan, warga yang menerima BLT hari ini bisa memanfaatkan untuk keperluan lebaran. Walaupun nominal yang diberikan hanya Rp 500 ribu, namun Gubernur Kalteng berharap semua masyarakat bisa mencukupi kebutuhan.

Sementara Kepala Bank Kalteng Buntok Sriyanto mengatakan, sebetulnya untuk jadwal Bank Kalteng sudah memasuki libur. Namun demi kemanusian dalam penyaluran bantuan, tetap menyediakan waktu untuk dapat menyalurkan BLT.

Dalam penyaluran sendiri pihaknya juga tidak akan menylitkan para penerima BLT dan memungut biaya. Cukup dengan mengisi formulir yang disediakan pada blangko dan akan dicocokan dengan KTP serta KK yang sudah terdata, dan selanjutnya akan dibayar tunai.

“Karena ini bersipat bantuan tunai, jadi tidak perlu harus membuka rekening cukup menjalani sesuai prosedur kita akan bayarkan bantuan secara tunai,” pungkas Sriyanto.(kanalkalimantan.com/digdo)

Reporter : Digdo
Editor : Chell
Lanjutkan membaca

Barito Selatan

Dalih Minta Antar Beli Tuak, Pelaku Curas Tebaskan Parang dan Rampas Motor Korban

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Pelaku curas yang kini sudah diamankan di Polsek Dusel. Foto : polsek

KANALKALIMANTAN.COM, BUNTOK– Polsek Dusun Selatan (Dusel) dibantu Tim CRT Garuda Res Barsel Kabupaten Barsel yang dibeck-up Polsek Pematang Karau dan Polsek Dusteng Kabupaten Bartim, berhasil mengamankan tidak pidana pencurian dengan kekerasan (Curas), pada Kamis (21/5/2020).

Kapolres Barsel AKBP Devy Firmansyah melalui Kapolsek Dusel Ipda Ahmad Wira Wisudawan mengatakan, berhasil mengamankan TM (22) warga Desa Kupang Bersih, dan AR (43) warga Desa Bararawa, Barito Timur (Bartim). Keduanya ditangkap tas dugaan pencurian dengan kekerasan (curas).

“Jadi pagi tadi dibantu dengan beberapa tim kita berhasil mengamankan TM dan AR atas dugaan curas di wilayah Barsel,” kata Wira kepada Kanalkalimantan.com, di Buntok Kamis (21/5/2020).

Ia mengungkapkan, Rabu (20/5/2020) sekitar jam 20.00 WIB, DB (14) yang menjad korban dalam peristiwa ini mau pulang ke rumahnya di Desa Pararapak. Sesampai di jembatan Desa Kalahien, tiba-tiba korban diberhentikan dua laki-laki. Mereka beralasan menanyakan tempat orang jual tuak.

“Jadi korban diberhentikan 2 orang tersangka di jembatan Kalahien saat ingin pulang dengan dalih menanyakan dimana tempat orang menjual minuman jenis tuak,” beber Wira.

Masih kata Kapolsek Dusel, bermodus minta antarkan membeli minuman dengan pelaku AR menunggu di Jembatan Kalahien. Setelah membeli minuman, TM kembali minta antar korban mengantar senjata tajam (sajam) ke rumah istrinya.
Di tengah jalan, pelaku minta berhenti dengan alasan mau kencing. Saat korban lengah TM langsung menebaskan parang ke arah korban dan mengenai punggung yang mengakibatkan memar, saat ingin menebaskan senjatanya ke dua kali korban langsung kabur ke arah rumah masyarakat untuk minta pertolongan dan meninggalkan motornya yang langsung dibawa kabur pelaku.

“Jadi dengan dalih minta antarkan ke rumah istri di tengah jalan, pelaku minta berhenti alasan kencing dan langsung menggencarkan aksinya dengan menebaskan senjatanya ke arah korban. Beruntung korban sempat melarikan diri ke rumah masyarakat sekitar meminta pertolongan walau harus kehilangan motor yang langsung dibawa kabur oleh ke dua pelaku,” jelas Wira.

Lewat laporan dari korban, polisi langsung bergerak mencari pelaku dipimpin Kapolsek Dusel. Tak butuh waktu lama, pelaku dengan inisial TM diamankan di desa Batu Putih Kecamatan Dusteng Kabupaten Bartim.

Penangkapan TM merupakan hasil pengembangan dari pelaku AR. Pada saat dilakukan intrograsi aksi kedua pelaku tersebut sebelumnya sudah direncanakan. Mereka diamankan beserta barang bukti berupa senjata tajam.

“Jadi pada setelah dapatkan laporan kita langsung bergerak dengan di bantu anggota dari Polsek Kabupaten Bartim dan berhasil mengamankan TM di Desa Batu Putih hasil pengembangan dari sebelumnya berhasil mengamankan AR dan kini para pelaku menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas Wira.(kanalkalimantan.com/digdo)

Reporter : Digdo
Editor : Chell
Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->
Share via
Copy link
Powered by Social Snap