Connect with us

Teknologi

Cina Bakal Bikin Bulan Buatan Terangi Kota

Diterbitkan

pada

Bulan Foto : net

Cina dikabarkan akan meluncurkan bulan buatan ke ruang angkasa untuk menerangi salah satu kota terbesar di negeri Tirai Bambu itu, sebagaimana dilansir laman Telegraph.co.uk, Rabu, 17 Oktober 2018.

Informasi tersebut berawal dari para pejabat di Chengdu, kota dengan penduduk 14 juta orang di Provinsi Sichuan, barat daya Cina, yang mengumumkan rencana untuk menempatkan satelit di orbit pada 2020. Satelit itu mampu memantulkan cahaya seperti sinar matahari ke jalan-jalan di kota itu pada malam hari, dan diklaim dapat menggantikan lampu.

“Satelit itu akan menggunakan lapisan reflektif yang bisa mengarahkan cahaya untuk menerangi area di bumi hingga 50 mil persegi,” ujar Ketua Institut Sains dan Teknologi Sistem Mikroelektronika Antariksa Kota Wu Chunfeng, seperti dilaporkan CIFNews.

Peluncuran satelit itu menyusul proyek serupa pada 1999, ketika para peneliti Rusia berencana menggunakan cermin yang mengorbit untuk menerangi kota-kota di Siberia dengan harapan akan menjadi alternatif yang lebih murah untuk penerangan listrik.

Skema yang dikembangkan Rusia itu menggunakan alat yang disebut Znamya 2. Dilengkapi dengan cermin 25 meter, alat itu bisa menerangi petak seluas tiga mil dari tanah. Namun, selama orbit pertama, pesawat hancur setelah tabrakan di angkasa dan skema itu ditinggalkan.

“Bulan buatan, yang telah menjalani pengujian selama beberapa tahun, akan menghasilkan setidaknya delapan kali lebih banyak cahaya daripada bulan asli,” kata Chunfeng dalam acara sains di Chengdu. Namun beberapa peneliti telah memperingatkan bahwa perangkat tersebut dapat mengganggu satwa liar dan sistem yang mengamati atmosfer bumi.

Adapun Kang Weimin, direktur di School of Aerospace di Harbin Institute of Technology, mengatakan satelit itu akan menghasilkan cahaya seperti senja. “Itu berarti tidak akan mempengaruhi hewan,” ujarnya. (tmp)

Reporter : Tmp
Editor : Bie

Teknologi

Sony Klaim PS5 100 Kali Lebih Cepat dari PS4

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Stik PS5 yang diperkenalkan Sony pada Selasa (7/4/2020). Foto: Dok Playstation

KANALKALIMANTAN.COM – Presiden Sony mengatakan bahwa PlayStation 5 akan 100 kali lebih cepat daripada PlayStation 4 dalam memproses data game. Hal itu ia ungkapkan dalam pertemuan strategi perusahaan.

“Untuk lebih meningkatkan pengalaman bermain game, kami berhadap tidak hanya dapat meningkatkan resolusi, tetapi juga kecepatan game. Misalnya, melalui SSD kecepatan tinggi yang dirancang khusus, kami berencana mewujudkan kecepatan pemrosesan data game yang kira-kira 100 kali lebih cepat dari PS4,” ucap Kenichiro Yoshida, Presiden dan CEO Sony, seperti dikutip dari Games Radar, Jumat (22/5/2020).

Yoshida menambahkan bahwa waktu buka game harus jauh lebih pendek dan pemain harus dapat bergerak melalui dunia game, yang sangat besar dalam waktu hampir sekejap.

Beberapa waktu yang lalu, arsitek utama untuk sistem PS5 Mark Cerny menyebut SSD adalah “kunci” untuk perangkat keras generasi berikutnya dan mengatakan bahwa itu adalah permintaan nomor satu dari pengembang game.

Cerny mengatakan, SSD memberi kebebasan para pengembang game untuk membuat permainan yang lebih cepat dan lebih mulus. Meskipun perlu dicatat bahwa SSD 825GB PS5 tidak dapat dibandingkan dengan SSD 1TB di Xbox Series X, Cerny mengatakan, PS5 harus memuat game 100 kali lebih cepat dari PS4.

Cerny juga mengomentari tentang ukuran SSD PS5 karena itu berkaitan dengan biaya produksi dan harga eceran di pasaran. Ia mengatakan, memang sangat menggoda untuk menambahkan lebih banyak ruang, tetapi harganya tentu tidak murah dan Sony memiliki tanggung jawab untuk para pemain game agar hemat biaya sehubungan dengan apa yang mereka hadirkan di dalam konsol.

PS5 dijadwalkan akan rilis pada musim liburan 2020 atau sekitar Oktober dan Desember mendatang. (suara.com)

Reporter : bie
Editor : kk

 

Lanjutkan membaca

Gadget

Resmi Dirilis, Harga Samsung Galaxy M21 Dibanderol Rp 3,2 Juta

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Samsung Galaxy M21. Foto: Samsung Indonesia

Samsung Electronics Indonesia kembali merilis ponsel barunya, mengandalkan daya tahan melalui produk Samsung Galaxy M21.

Meneruskan tradisi varian seri M, Samsung Galaxy M21 dipersenjatai baterai berkapasitas 6.000 mAh dengan fast charging 15 Watt yang diharapkan mampu menemani aktivitas para penggunanya.

“Pengguna bisa memanfaatkan kapasitas baterai besar Galaxy M21 untuk mendukung produktivitas serta kreativitas mereka,” ujar Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/5/2020).

Dari tampilan luarnya, Samsung Galaxy M21 membawa layar Infinity-U 6,4 inci beresolusi Full HD+ dan sudah menggunakan panel Super AMOLED.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur suara Dolby Atmos yang diklaim Samsung mampu menghadirkan pengalaman visual dan audio yang jernih ketika dipergunakan untuk streaming film ataupun mendengarkan musik via aplikasi streaming favorit pengguna.

Soal dapur pacu, spesifikasi Samsung Galaxy M21 diotaki chipset Exynos 9611 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB yang masih bisa diperluas hingga 512 GB melalui MicroSD. Produsen teknologi asal Negeri Ginseng ini juga menyematkan fitur AI Gaming Booster untuk mendukung pengalaman bermain game.

Beralih ke bagian kamera, Samsung Galaxy M21 dilengkapi dengan Triple Camera yang terdiri dari 48 MP lensa utama, lensa Ultra Wide 8 MP dengan sudut bidik hingga 123°, dan lensa kedalaman alias bokeh beresolusi 5 MP. Sementara kamera depannya berkekuatan 20 MP.

Dibalut warna biru, hitam, dan hijau, harga Samsung Galaxy M21 dibanderol Rp 3,199 juta. Namun jika konsumen membelinya selama masa promosi pada 18 – 31 Mei 2020 di Lazada, harganya turun menjadi Rp 2,999 juta. (suara.com)

Reporter : suara.com
Editor : kk

 

Lanjutkan membaca

Gadget

Kamera Nokia 6.3 Dipersenjatai Lensa ZEISS?

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Logo Nokia. Foto: Shutterstock

HMD Global tengah menggarap ponsel terbarunya, Nokia 6.3, yang disiapkan untuk turun di kelas menengah. Konon, ponsel ini akan meluncut di paruh kedua 2020.

Meski HMD Global belum mengeluarkan pernyataan resminya terkait spesifikasi Nokia 6.3, namun beberapa sumber di dunia maya menyebut bahwa ponsel ini bakal membawa empat kamera belakang dan ditenagai chipset yang powerful.

Menurut laporan Gizchina, Minggu (17/5/2020), Nokia 6.3 akan mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 730 yang dipadukan dengan RAM 6 GB untuk mendongkrak kinerja ponsel.

Nokia 6.3. Foto: Nokiapoweruser

Tak hanya itu, ponsel terbaru Nokia ini juga bakal didukung empat kamera belakang dengan lensa ZEISS yang masing-masing beresolusi 24 MP untuk kamera utama, 12 MP ultrawide, lensa makro 2 MP, dan lensa bokeh 2 MP.

Sementara untuk tampilan luarnya, Nokia 6.3 membawa layar 6,2 inci beresolusi Full HD+ dengan aspek rasio 20:9. Artinya, ponsel ini punya bezel yang cukup tipis.

Sedangkan untuk daya tahan, Nokia 6.3 dilengkapi baterai berkapasitas 4.000 mAh yang bisa diisi menggunakan konektor Type-C. Namun, belum diketahui apakah ponsel ini sudah memiliki fitur fast charging atau tidak.

Untuk fitur lainnya, ponsel ini juga sudah dilengkapi Bluetooth 5.0 dan pemindai sidik jari alias fingerprint yang diletakkan di sisi samping ponsel. (suara.com)

Reporter : suara.com
Editor : kk

 

Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->
Share via
Copy link
Powered by Social Snap