Connect with us

PILKADA BANJARMASIN

Debat Publik Perdana Calon Wali Kota Banjarmasin, Ini Pendapat Wakil Rakyat

Diterbitkan

pada

wakil rakyat di DPRD Banjarmasin mengapresiasi penampilan Ananda-Mushaffa di debat perdana Pilkada Foto: ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Empat pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin telah menjalani tahapan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banjarmasin yaitu debat publik perdana.

Meski disiarkan secara live oleh salah satu stasiun televisi nasional dan dengan pendukung masing – masing Paslon yang dibatasi, debat publik perdana tetap berlangsung seru.

Sejumlah wakil rakyat yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin pun tidak ketinggalan menyaksikan kegiatan debat publik perdana bersama relawan dan masyarakat.

Anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Partai Golongan Karya (Golkar) Ir Sukrowardi misalnya, menyaksikan debat publik perdana bersama relawan dan masyarakat, Jumat (30/10/2020) di Markas Berbenah Bersama di jalan Adhiyaksa, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara.



Vokalis DPRD Kota Banjarmasin itu menilai, dari keempat Paslon, visi misi Paslon nomor urut 4 yaitu Calon Wali Kota Banjarmasin dan Wakil Wali Kota Banjarmasin Hj Ananda dan ustadz H Mushaffa Zakir dinilainya paling bagus untuk membenahi begitu banyaknya persoalan di Kota Banjarmasin.

“Apalagi 4 program unggulannya seperti Gendong Ulun, Batapih Bahalai, Ember Tapasan dan Bapespa tidak hanya unik, tapi juga konkrit untuk dapat membantu kehidupan masyarakat pulih kembali setelah dihantam oleh Pandemi Covid-19,” ujar Sukro sapaan akrabnya, Jumat (30/10/2020).

Misalnya lanjut dia, program Gendong Ulun yang artinya Gerakan Dorong Usaha Lokal Untuk Naik Kelas, merupakan sebuah program yang sangat masuk akal untuk mengangkat perekonomian Kota Banjarmasin dengan cara menumbuhkan dan mengembangkan UMKM di Kota Banjarmasin.

“UMKM itu perlu perhatian dan campur tangan pemerintah hingga berhasil. Tidak bisa hanya mencetak UMKM namun dilepas begitu saja,” tambahnya.

Terpisah, Anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Partai Amanat Nasional (PAN) Banjarmasin Hj Rinda Herliani sangat yakin kemampuan dan ide cemerlang Hj Ananda bersama ustadz H Mushaffa Zakir Lc, mampu mengatasi banyaknya persoalan yang dihadapi Kota Banjarmasin saat ini.

“Sebagai seorang perempuan, Hj Ananda adalah sosok yang mampu mengangkat derajat dan perekonomian perempuan di Kota Banjarmasin melalui program ember tapasan. Saya yakin sejarah baru Walikota perempuan pertama di Kota Banjarmasin akan terjadi,” tegasnya.

Saat ini peran kaum perempuan mengisi pembangunan tidak bisa dianggap remeh atau sebelah mata. Terbukti sejumlah daerah di tanah air, pembangunan dan perekonomiannya maju pesat ketika dipimpin oleh perempuan.

“Lihat saja Surabaya memiliki Wali Kota Tri Rismaharini, beliau mampu menjadi pemimpin yang menjawab banyak tantangan dan persoalan. Begitu juga dengan Hj Ananda, punya pengalaman sebagai wakil rakyat, muda, pintar, penuh ide dan inovasi. Sosok seperti ini harus kita dukung khususnya kaum perempuan di Kota Banjarmasin,” bebernya.

Sekedar diketahui dalam kegiatan debat publik pertama tersebut, Pasangan Calon Walikota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin Hj Ananda dan Ustadz H Mushaffa Zakir Lc nomor urut 4 dengan tagline berbenah bersama ini menyampaikan visinya adalah Kayuh Baimbai Manuju Banjarmasin Bauntung Batuah. Ada pun misinya yaitu berbenah dibidang kesehatan, berbenah dibidang keagamaan dan pendidikan, berbenah bidang kesejahteraan dan berbenah bidang keamanan sosial dan infrastruktur.

Lalu ada 4 program unggulan AnandaMu yang akan diusung jika terpilih memimpin Kota Banjarmasin selama 3,5 tahun mendatang, yaitu pertama Gerakan Dorong Usaha Lokal Untuk Naik Kelas (Gendong Ulun), kedua Bertahan Pulih Bangkit Hingga Covid 19 Selesai (Batapih Bahalai), ketiga Emak Berdaya Tangguh Pandai dan Berpenghasilan (Ember Tapasan) dan keempat Bantuan Pendidikan Selama Pandemi (Bapespa).(kanalkalimantan.com/ril)

Reporter : Ril
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Komentar

PILKADA BANJARMASIN

Demi Warga, Ananda Komitmen Tetap Blusukan Saat Jadi Wali Kota

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Calon Wali Kota Ananda selali akrab dengan warga foto: ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Menyusuri jalan sempit, pemukiman padat penduduk, hingga hiruk pikuk pasar tradisional, dilakukan calon Wali Kota Banjarmasin nomor urut 4, Hj. Ananda, untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat.

Ditemani sejumlah warga dan relawan, mantan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Banjarmasin itu, tak sungkan menemui satu demi satu warga baik laki – laki, perempuan, tua dan muda di sejumlah kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Tengah, Selasa (24/11).

Kehadiran Hj Ananda dalam setiap kegiatan blusukan atau menyapa warga, selalu mendapat sambutan hangat dari masyarakat, baik laki – laki apalagi kaum perempuan di Banjarmasin.

Hj Jiah misalnya tak menyangka kediamannya disalah satu kawasan padat penduduk di Kecamatan Banjarmasin Tengah, disambangi Hj Ananda yang merupakan satu-satunya calon Wali Kota perempuan Banjarmasin.



 

“Tadi didatangi Hj Ananda. Sebelumnya tidak pernah bertemu. Orangnya cantik dan kami perempuan pasti mendukung calon Wali Kota perempuan,” ucap Hj Jiah.

Hj Jiah mengaku saat ini kaum perempuan punya hak dan kualitas kepemimpinan yang sama dengan laki – laki. Buktinya lanjut wanita pemilik usaha rias pengantin ini, beberapa kota seperti Surabaya dipimpin Wali Kota perempuan dan sekarang kotanya maju pesat.

“Di tempat kami ini Ketua RT juga perempuan. Kami akan mendukung dan mendoakan Hj Ananda semoga terpilih menjadi Wali Kota perempuan pertama di Banjarmasin,” katanya.

Yayu warga Kelurahan Pasar Lama tak bisa menyembunyikan kegembiaraannya bertemu dengan Hj Ananda bahkan sempat minta foto bersama, karena sangat mengidolakan dan mendukung Hj Ananda sebagai Wali Kota Banjarmasin.

“Senang bisa bertemu dan berfoto. Kami perempuan akan mendukung calon Wali Kota perempuan nomor urut 4, yakni Hj  Ananda. Harapan saya, setelah menjadi Wali Kota, jangan lupa sering-sering berkunjung dan melihat kondisi warga,” harapnya.

Terpisah, calon Wali Kota Banjarmasin Hj Ananda mengaku bersyukur atas sambutan hangat warga yang telah memberikan doa dan dukungan kepadanya 9 Desember nanti.

“Ada banyak hal yang akan kami benahi bersama seperti tempat tinggal yang layak bagi warga. Masih banyak warga yang terpaksa tinggal dengan kondisi rumah yang memperihatinkan. Program bedah rumah akan kami maksimalkan dengan anggaran yang lebih besar untuk kenyamanan warga,” ucapnya.

Tak hanya memberi perhatian pangan, sandang, dan papan, mantan Finalis Puteri Indonesia itu, juga berkomitmen akan terus dekat dan lebih dekat dengan masyarakat jika nantinya terpilih menjadi Wali Kota Banjarmasin periode 2021-2024.

“Sudah komitmen kami Hj Ananda-Ustadz H Mushaffa Zakir Lc, (AnandaMu) hari ini dilantik, besok kami langsung kunjungan kerja ke-1500 RT yang ada di Banjarmasin. Kami ingin terus hadir ditengah masyarakat, dekat dengan warga, dan mengetahui apa saja keinginan mereka,” tutupnya. (Kanalkalimantan.com/ril)

Reporter : Ril
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

PILKADA BANJARMASIN

Raih Keberhasilan, Pembenahan Sungai Banjarmasin Sudah Dilaksanakan Ibnu Sina Sejak 2016

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Ibnu Sina berkomitmen terus membenahi sungai di Banjarmasin Foto: ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN– Sang petahana, Ibnu Sina telah melakukan Pembenahan sungai-sungai di Banjarmasin sejak 2016 dan atas kerja keras itu sungai sebagai nyawa kehidupan kota ini semakin maju yang dapat masyarakat lihat dari pembangunan maupun wisata susur sungai hingga saat ini.

Kota Banjarmasin yang memiliki julukan Kota Seribu Sungai pada saat di bawah kepemimpinan Ibnu Sina dan Hermansyah periode tahun 2016- 2021, mengedepankan sungai sebagai nyawa kehidupan. Bahkan banyak program pemerintah kota Banjarmasin yang menjadikan Sungai sebagai beranda pembangunan.

Sedikitnya tercatat hingga akhir tahun 2019 terdapat ratusan sungai yang dilakukan normalisasi maupun revitalisasi oleh pemerintah Kota Banjarmasin, berdasarkan data resmi dari Dinas PUPR Kota Banjarmasin hingga saat ini jumlah sungai di kota ini sebanyak 170 sungai.

Semua pembangunan berbasis sungai di Kota Banjarmasin dirintis sejak 2016. Dimana Visi misi yang dibawa adalah menjadikan Banjarmasin sebagai Kota Sungai di daerah otonom ekonomi Kalimantan tahun 2025 dalam bentuk pembenahan sungai-sungai untuk kepentingan transportasi dan pariwisata.



Menurut Ibnu Sina perencanaan pembangunan di Kota Banjarmasin akan terus berjalan sesuai dengan koridor yang sudah disepakati dalam menentukan tujuan pembangunan kota Banjarmasin sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) terkait dengan target pencapaian dan sebagainya menjadikan Banjarmasin sebagai Kota Sungai untuk gerbang ekonomi Kalimantan pada tahun 2025.

“Ini menjadi tujuan kita, the river city atau City of thousand river,” kata Ibnu Sina.
Atas dasar RPJMD itu pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Kota Banjarmasin salah satunya melalui dinas PUPR Banjarmasin bidang Sungai telah berhasil melaksanakan normalisasi dan pengerukan muara muara sungai di Kota Banjarmasin sebesar 21.706 Meter

Pemerintah Kota Banjarmasin masih melalui dinas PUPR Banjarmasin bidang sungai juga berhasil melaksanakan pembangunan Siring sungai-sungai kecil di Banjarmasin sepanjang 1,66 km dan pemeliharaan pembersihan sungai dengan waktu 20 jam rehab atau pemeliharaan bantaran sungai parapet sepanjang 8,77 km.

Terakhir sepanjang tahun 2019 kemarin pemerintah Kota Banjarmasm telah berhasil melaksanakan pengerukan sungai di Kota Banjarmasin sepanjang 3,002 km dan melakukan penguatan tebing sungai di Kota Banjarmasin sepanjang 1,81 km.

Pencapaian Kota Banjarmasin saat ini ialah berhasil membuat destinasi pariwisata berbasis sungai sebanyak 36 pariwisata dan puluhan objek pariwisata lainnya. Diharapkan pencapaian ini dapat mendongkrak Pendapatan asli daerah Kota Banjarmasin serta menjadi kota Sungai gerbang ekonomi Kalimantan pada tahun 2025.

Saat ini Ibnu Sina kembali mencalonkan diri sebagai Wali Kota bersama eks Kepala Dinas PUPR Banjarmasin, Arifin Noor menjadi calon wakilnya pada Pilkada 2020. Kolaborasi antara keduanya di dalam memegang pemerintahan Kota Banjarmasin telah terbukti dan mampu menjalin sinergitas dengan baik sehingga menjadikan harmonisasai terwujudnya perencanaan pembangunan daerah yang lebih berkualitas. (Kanalkalimantan.com/ril)

 

Reporter : Ril
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->