Connect with us

Teknologi

Diluncurkan Juli, NASA Mulai Kemas Robot Penjelajah Mars Baru

Diterbitkan

pada

Robot penjelajah baru NASA, Perseverance. Foto : suara

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA– NASA sedang bersiap-siap untuk peluncuran robot penjelajah Mars berikutnya pada 17 Juli mendatang.
Para insinyur di Kennedy Space Center NASA, Florida, mulai mengemas penjelajah yang disebut Perseverance dan perangkat keras yang dibutuhkan dalam konfigurasi untuk lepas landas.

Proses pengemasan telah dimulai pada 23 April. Menurut pejabat NASA, pada hari pengemasan itu robot penjelajah seukuran mobil diintegrasikan dengan “sky crane” yang akan menurunkan Preseverance ke permukaan Mars.

“Memasang rover ke descent stage adalah tonggak utama bagi tim karena ini adalah komponen pesawat luar angkasa pertama yang secara bersamaan akan diluncurkan,” ucap David Gruel dari Jet Propulsion Laboratory NASA, seperti dikutip laman Space.com, Senin (11/5/2020).

Selain itu, pada 29 April, para insiyur juga telah melekatkan penjelajah dan sky crane pada kulit belakang. Struktur kerucut ini berisi sistem parasut dan membantu melindungi perangkat keras pesawat luar angkasa selama perjalanan misi melintasi atmosfer Mars.

Perseverance diprediksi akan medarat di Kawah Jezero, Mars, yang memiliki diameter 45 kilometer pada Februari 2021. Penjelajah itu akan melakukan penelitian sains di Planet Merah yang diyakini memiliki sebuah danau dan delta sungai di masa lalu.

Perseverance akan mengikuti jejak pendahulunya, Curiosity yang telah menjelajahi Kawah Gale di Mars sejak Agustus 2012. Curiosity sendiri memiliki misi utama untuk menilai kelayakhunian Kawah Gale di masa lalu.

Desain penjelajah baru ini sendiri terinspirasi oleh Curiosity, dengan beberapa komponen yang telah teruji tetapi juga dengan instrumen ilmiah baru dan bor inti untuk pengambilan sampel. Penjelajah ini juga akan membawa helikopter drone.

Perseverance pun tidak akan hanya berfokus pada masa lalu Planet Merah tetapi juga pada masa depannya. Analisis air bawah permukaan dan karakterisasi berbagai faktor lingkungan dari debu hingga cuaca, akan sangat penting dalam perencanaan ekspedisi manusia ke Mars di masa depan.(suara.com)

Reporter : suara.com
Editor : kk

 

Advertisement
Komentar

Teknologi

Sony Klaim PS5 100 Kali Lebih Cepat dari PS4

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Stik PS5 yang diperkenalkan Sony pada Selasa (7/4/2020). Foto: Dok Playstation

KANALKALIMANTAN.COM – Presiden Sony mengatakan bahwa PlayStation 5 akan 100 kali lebih cepat daripada PlayStation 4 dalam memproses data game. Hal itu ia ungkapkan dalam pertemuan strategi perusahaan.

“Untuk lebih meningkatkan pengalaman bermain game, kami berhadap tidak hanya dapat meningkatkan resolusi, tetapi juga kecepatan game. Misalnya, melalui SSD kecepatan tinggi yang dirancang khusus, kami berencana mewujudkan kecepatan pemrosesan data game yang kira-kira 100 kali lebih cepat dari PS4,” ucap Kenichiro Yoshida, Presiden dan CEO Sony, seperti dikutip dari Games Radar, Jumat (22/5/2020).

Yoshida menambahkan bahwa waktu buka game harus jauh lebih pendek dan pemain harus dapat bergerak melalui dunia game, yang sangat besar dalam waktu hampir sekejap.

Beberapa waktu yang lalu, arsitek utama untuk sistem PS5 Mark Cerny menyebut SSD adalah “kunci” untuk perangkat keras generasi berikutnya dan mengatakan bahwa itu adalah permintaan nomor satu dari pengembang game.

Cerny mengatakan, SSD memberi kebebasan para pengembang game untuk membuat permainan yang lebih cepat dan lebih mulus. Meskipun perlu dicatat bahwa SSD 825GB PS5 tidak dapat dibandingkan dengan SSD 1TB di Xbox Series X, Cerny mengatakan, PS5 harus memuat game 100 kali lebih cepat dari PS4.

Cerny juga mengomentari tentang ukuran SSD PS5 karena itu berkaitan dengan biaya produksi dan harga eceran di pasaran. Ia mengatakan, memang sangat menggoda untuk menambahkan lebih banyak ruang, tetapi harganya tentu tidak murah dan Sony memiliki tanggung jawab untuk para pemain game agar hemat biaya sehubungan dengan apa yang mereka hadirkan di dalam konsol.

PS5 dijadwalkan akan rilis pada musim liburan 2020 atau sekitar Oktober dan Desember mendatang. (suara.com)

Reporter : bie
Editor : kk

 

Lanjutkan membaca

Gadget

Resmi Dirilis, Harga Samsung Galaxy M21 Dibanderol Rp 3,2 Juta

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Samsung Galaxy M21. Foto: Samsung Indonesia

Samsung Electronics Indonesia kembali merilis ponsel barunya, mengandalkan daya tahan melalui produk Samsung Galaxy M21.

Meneruskan tradisi varian seri M, Samsung Galaxy M21 dipersenjatai baterai berkapasitas 6.000 mAh dengan fast charging 15 Watt yang diharapkan mampu menemani aktivitas para penggunanya.

“Pengguna bisa memanfaatkan kapasitas baterai besar Galaxy M21 untuk mendukung produktivitas serta kreativitas mereka,” ujar Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/5/2020).

Dari tampilan luarnya, Samsung Galaxy M21 membawa layar Infinity-U 6,4 inci beresolusi Full HD+ dan sudah menggunakan panel Super AMOLED.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur suara Dolby Atmos yang diklaim Samsung mampu menghadirkan pengalaman visual dan audio yang jernih ketika dipergunakan untuk streaming film ataupun mendengarkan musik via aplikasi streaming favorit pengguna.

Soal dapur pacu, spesifikasi Samsung Galaxy M21 diotaki chipset Exynos 9611 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB yang masih bisa diperluas hingga 512 GB melalui MicroSD. Produsen teknologi asal Negeri Ginseng ini juga menyematkan fitur AI Gaming Booster untuk mendukung pengalaman bermain game.

Beralih ke bagian kamera, Samsung Galaxy M21 dilengkapi dengan Triple Camera yang terdiri dari 48 MP lensa utama, lensa Ultra Wide 8 MP dengan sudut bidik hingga 123°, dan lensa kedalaman alias bokeh beresolusi 5 MP. Sementara kamera depannya berkekuatan 20 MP.

Dibalut warna biru, hitam, dan hijau, harga Samsung Galaxy M21 dibanderol Rp 3,199 juta. Namun jika konsumen membelinya selama masa promosi pada 18 – 31 Mei 2020 di Lazada, harganya turun menjadi Rp 2,999 juta. (suara.com)

Reporter : suara.com
Editor : kk

 

Lanjutkan membaca

Gadget

Kamera Nokia 6.3 Dipersenjatai Lensa ZEISS?

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Logo Nokia. Foto: Shutterstock

HMD Global tengah menggarap ponsel terbarunya, Nokia 6.3, yang disiapkan untuk turun di kelas menengah. Konon, ponsel ini akan meluncut di paruh kedua 2020.

Meski HMD Global belum mengeluarkan pernyataan resminya terkait spesifikasi Nokia 6.3, namun beberapa sumber di dunia maya menyebut bahwa ponsel ini bakal membawa empat kamera belakang dan ditenagai chipset yang powerful.

Menurut laporan Gizchina, Minggu (17/5/2020), Nokia 6.3 akan mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 730 yang dipadukan dengan RAM 6 GB untuk mendongkrak kinerja ponsel.

Nokia 6.3. Foto: Nokiapoweruser

Tak hanya itu, ponsel terbaru Nokia ini juga bakal didukung empat kamera belakang dengan lensa ZEISS yang masing-masing beresolusi 24 MP untuk kamera utama, 12 MP ultrawide, lensa makro 2 MP, dan lensa bokeh 2 MP.

Sementara untuk tampilan luarnya, Nokia 6.3 membawa layar 6,2 inci beresolusi Full HD+ dengan aspek rasio 20:9. Artinya, ponsel ini punya bezel yang cukup tipis.

Sedangkan untuk daya tahan, Nokia 6.3 dilengkapi baterai berkapasitas 4.000 mAh yang bisa diisi menggunakan konektor Type-C. Namun, belum diketahui apakah ponsel ini sudah memiliki fitur fast charging atau tidak.

Untuk fitur lainnya, ponsel ini juga sudah dilengkapi Bluetooth 5.0 dan pemindai sidik jari alias fingerprint yang diletakkan di sisi samping ponsel. (suara.com)

Reporter : suara.com
Editor : kk

 

Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->