Connect with us

Pilkada Banjarbaru

Duet Paslon Iskandar-Iwansyah Paling Tajir di Pilkada Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Pasangan Iskandar-Iwansyah tercatat sebagai paslon Pilkada Banjarbaru yang paling tajir di antara paslon lainnya. Foto: rico Grafis: yuda
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Di antara dua pasangan calon (Paslon) lain yang bertarung di Pilkada Banjarbaru, duet Iskandar-Iwansyah tercatat yang paling tajir. Jika digabungkan, total kekayaan dua pasangan ini mencapai Rp 40,5 miliar lebih atau tepatnya Rp 40.567.660.000.

Jumlah tersebut berasal dari total kekayaan Gusti Iskandar Sukma Alamsyah yang mencapai Rp 40 miliar lebih dan kekayaan AR Iwansyah yang mencapai Rp 501 juta.

Dilansir dari situs LHKPN, diketahui bahwa Iskandar telah melaporkan jumlah harta kekayaanya pada 5 September 2020. Harta yang dilaporkan dibagi menjadi beberapa kategori, yakni harta tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, harta bergerak kainnya, surat berharga, kas dan setara kas, dan utang.

Dalam kategori Harta Tanah dan Bangunan, Anggota DPR RI dari Partai Golkar periode 2002-2004 dan 2009-2014 itu memiliki tanah dan bangunan yang tersebar di Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Barito Kuala, Sleman, hingga Jakarta. Total keseluruhannya bernilai Rp 34,4 Miliar.



Grafis: Yuda/Kanalkalimantan

Untuk kategori alat transportasi dan mesin, pria kelahiran 27 Januari 1959 itu memiliki tiga unit mobil, dengan nilai Rp 1,9 miliar. Lalu, dikategori harta bergerak lainnya berjumlah Rp 645 juta. Kategori surat berhaga senilai Rp 900 juta dan kategori kas dan setara kas menyentuh Rp 2,7 miliar.

Kendati demikian, Iskandar tercatat memiliki utang sebesar Rp 600 juta, yang mengakibatkan jumlah harta kekayaannya harus dikurangi dengan utang tersebut. Sehingga ril total kekayaan Iskandar ialah sekitar Rp 40 miliar atau lebih rincinya Rp 40.066.560.000.

Di sisi lain, pendamping Iskandar yakni AR Iwansyah tercatat menyampaikan harta kekayannya pada 31 Desember 2019, saat ia menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Banjarbaru.

Dalam laporan yang disampaikan ke KPK, Iwansyah memiliki satu lahan tanah dan bangunan di Banjarmasin. Juga, satu lahan tanah -tanpa bangunan- seluas 420 meter persegi di Banjarbaru. Nilai seluruhnya ialah Rp 530 juta.

Sementara di kategori alat transportasi dan mesin, Ketua DPD Golkar Banjarbaru itu diketahui hanya memiliki 1 unit motor dengan nilai Rp 9 juta.

Untuk kategori harta bergerak kainnya ditaksir senilai Rp 85 juta dan di kategori kas dan setara kas senilai Rp 12,5 juta.
Iwansyah juga tercatat memiliki utang sebesar Rp 135,4 juta. Total harta kekayaan Iwansyah jika dijumlah senilai Rp 501 juta atau lebih rinci Rp 501.100.000. (kanalkalimantan.com/rico)

Reporter : Rico
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pilkada Banjarbaru

Kampanye di Liang Anggang, Paslon HMJ Komitmen Menang Tanpa Politik Uang

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Kampanye yang digelar pasangan HMJ di Kelurahan Landasan Ulin Utara. Foto: putra
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru nomor urut 3 Haji Martinus – Jaya terus menggelar kampanye terbatas tatap muka  di Kota Banjarbaru.

Kampanye terbatas dilaksanakan dari partai politik Nasdem ini bertempat di Komplek Lestari II, jalan Sukamaju, Kelurahan Landasan Ulin Utara, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Sabtu (31/10/2020). Mereka berkomitmen tidak melakukan politik uang alias money politic.

Sebelum dibukanya aksi kampanye di tengah pandemi Covid-19, menurut pantauan kanalkalimantan.com, tim pemenangan pasangan HMJ melakukan pembagian masker dengan mengedukasikan kepatuhan terhadap protokol Covid-19.

Lalu dilanjutkan pemaparan penyampaian visi misi dari H Martinus dan Darmawan Jaya.
Pada kesempatan tersebut H Martinus, mengatakan dirinya dan Darmawan Jaya akan menjalankan politik santun, beretika, dan sesuai aturan, serta tidak melakukan politik uang atau money politic



“Kami paslon nomor urut 03, Haji Martinus – Jaya (HMJ) berkomitmen tetap mengikuti aturan dan bermain cantik serta tidak akan menggunakan money politics,” tegas Martinus.

Sementara Jaya menambahkan, komitmennya melanjutkan visi dan misi alm Nadjmi Adhani yang ditambah visi dan misi mereka saat ini.

“Kami melanjukan visi dan misi almarum Nadjmi Adhani, kemudian ditambahkan visi-misi yang kami canangkan,” tutur Jaya.

Pada kesempatan itu, Sukran mewakili warga yang hadir meminta kepada paslon HMJ melakukan pelebaran jalan di sekitar jalan Sukamaju.

Alasan dari permintaanya, karena jalan tembusan Sukamaju adalah jalan menuju ke arah Bandar Udara Syamsudin Noor, alangkah baiknya untuk mempermudah masyarakat.

Ia juga menyampaikan harapannya kepada pasangan HMJ untuk memperhatikan rakyat kecil dan turut membantu dalam pemulihan ekonomi saat terpaan pandemi Covid-19.

Dalam permintaan tersebut, Darmawan Jaya menyampaikan bahwa memang perlu adanya peningakatan pembangunan ke arah Bandar Udara Syamsudin Noor, terutama pembangunan jalan.

Alasanya ialah demi menunjang aktifitas dan mempermudah masyarakat untuk melewati jalan Sukamaju yang memang ini adalah salah satu jalan yang mengarah ke Bandara.

Di sisi lain, demi menunjang pemulihan ekonomi masyarakat, Darmawan Jaya mengatakan akan melakukan pembaharuan dan melakukan aksi bantuan serta, permodalan untuk pengembangan ekonomi.

“Kami juga akan terus mengembangkan membantu pemulihan ekonomi dalam produksi, permodalan, pemasaran dan manajemen dengan memakai dana Insentif daerah, ” katanya. (Kanalkalimantan.com/putra)

Reporter : Putra
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Pilkada Banjarbaru

Geliat Kampanye Pertemuan Tatap Muka di Pilkada Banjarbaru, Martinus-Jaya Baru Melaksanakan Tiga Kegiatan

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Paslon HMJ baru melaksanakan tiga kali kampanye tatap muka, paling sedikit dibandingkan paslon lain. Foto: Rico
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Masa kampanye Pilkada 2020 di Kota Banjarbaru, kini hanya tersisa lima pekan ke depan. Meskipun awalnya kampanye melalui sosial media begitu mendominasi, namun pada akhirnya para paslon lebih memilih gerilya melakukan kampanye secara tatap muka.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarbaru mencatat jumlah kegiatan kampanye tatap muka ketiga paslon yang berkontestasi di Pilkada Banjarbaru, melonjak dalam sebulan terakhir. Bahkan, sampai pada penghujung Oktober, total kampanye tatap muka di Banjarbaru telah mencapai ratusan kegiatan.

Sebagai informasi, mereka yang berkontestasi di Pilkada Banjarbaru; paslon nomor urut 1, Gusti Iskandar Sukma Alamsyah – AR Iwansyah. Paslon nomor urut 2, Aditya Mufti Ariffin – Wartono. Dan paslon nomor urut 3, Haji Martinus – Darmawan Jaya Setiawan.



 

Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Banjarbaru Normadina mengungkapkan bahwa hampir setiap paslon telah mencatatkan puluhan pelaksanaan kegiatan kampanye tatap muka.

“Untuk paslon 1, sudah 63 kali melaksanakan pertemuan tatap muka. Paslon 2 melaksanakan kurang lebih 36 kali kegiatan. Sedangkan, paslon nomor urut 3 baru melakukan 2 kali kegiatan dan akan ditambah dengan 1 kegiatan besok, jadi totalnya ada 3 kali sampai pada Oktober ini,” paparnya, kepada Kanalkalimantan, Jumat (30/10/2020).

Dina -sapaan akrabnya-, menjelaskan bahwa laporan tersebut didapat berdasarkan hasil pengawasan pihaknya di lapangan. Ihwal kontrasnya jumlah pelaksanaan kegiatan kampanye tatap muka yang dilakukan oleh paslon nomor urut 3, baginya itu adalah strategi masing-masing paslon.

“Masing-masing punya strategi yang berbeda. Kita tidak bisa ikut campur dengan jadwal kegiatan kampanya mereka. Yang kita lakukan hanya mengawasi dan memastikan bahwa pertemuan langsung itu dilaksanakan dengan mengedapankan protokol Covid-19 dan jumlah peserta terbatas,” terangnya.

Faktanya, tak mengherankan jika metode kampanye melalui medsos menjadi andalan paslon di Pilkada tahun ini. Toh banyak yang menilai kampanye tatap muka lewat pertemuan, tak lagi efektif, karena jumlah massanya dibatasi, yang mana hal itu berdasarkan aturan baru yang ditetapkan KPU menyisiati gelaran pesta demokrasi di tengah pandemi Covid-19.

Adapun pengawasan seluruh akun medsos itu menjadi ranah Bawaslu Banjarbaru. Dalam hal ini, pengawasan tak hanya soal akun resmi atau tidak, melainkan isi konten yang diposting oleh akun resmi milik tiap-tiap paslon.

Dari data KPU Banjarbaru, sedikitnya ada total 20 akun medsos resmi yang telah didaftarkan ketiga paslon untuk jualan kampanye hingga 5 Desember nanti. Puluhan akun medsos tersebut digunakan pada dua aplikasi ternama, yakni Instagram dan Facebook.

Rinciannya, paslon nomor urut 1 Gusti Iskandar Sukma Alamsyah-AR Iwansyah punya 6 akun medsos resmi. Kemudian, Paslon nomor urut 2 Aditya Mufti Ariffin-Wartono mendaftarkan 7 akun medsos mereka. Lalu paslon nomor urut 3, Haji Martinus-Darmawan Jaya Setiawan mendaftarkan sebanyak 7 akun medsos. (kanalkalimantan.com/rico)

Reporter : Rico
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->