Connect with us

Pilkada Banjarbaru

Geliat Kampanye Pertemuan Tatap Muka di Pilkada Banjarbaru, Martinus-Jaya Baru Melaksanakan Tiga Kegiatan

Diterbitkan

pada

Paslon HMJ baru melaksanakan tiga kali kampanye tatap muka, paling sedikit dibandingkan paslon lain. Foto: Rico
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Masa kampanye Pilkada 2020 di Kota Banjarbaru, kini hanya tersisa lima pekan ke depan. Meskipun awalnya kampanye melalui sosial media begitu mendominasi, namun pada akhirnya para paslon lebih memilih gerilya melakukan kampanye secara tatap muka.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarbaru mencatat jumlah kegiatan kampanye tatap muka ketiga paslon yang berkontestasi di Pilkada Banjarbaru, melonjak dalam sebulan terakhir. Bahkan, sampai pada penghujung Oktober, total kampanye tatap muka di Banjarbaru telah mencapai ratusan kegiatan.

Sebagai informasi, mereka yang berkontestasi di Pilkada Banjarbaru; paslon nomor urut 1, Gusti Iskandar Sukma Alamsyah – AR Iwansyah. Paslon nomor urut 2, Aditya Mufti Ariffin – Wartono. Dan paslon nomor urut 3, Haji Martinus – Darmawan Jaya Setiawan.



 

Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Banjarbaru Normadina mengungkapkan bahwa hampir setiap paslon telah mencatatkan puluhan pelaksanaan kegiatan kampanye tatap muka.

“Untuk paslon 1, sudah 63 kali melaksanakan pertemuan tatap muka. Paslon 2 melaksanakan kurang lebih 36 kali kegiatan. Sedangkan, paslon nomor urut 3 baru melakukan 2 kali kegiatan dan akan ditambah dengan 1 kegiatan besok, jadi totalnya ada 3 kali sampai pada Oktober ini,” paparnya, kepada Kanalkalimantan, Jumat (30/10/2020).

Dina -sapaan akrabnya-, menjelaskan bahwa laporan tersebut didapat berdasarkan hasil pengawasan pihaknya di lapangan. Ihwal kontrasnya jumlah pelaksanaan kegiatan kampanye tatap muka yang dilakukan oleh paslon nomor urut 3, baginya itu adalah strategi masing-masing paslon.

“Masing-masing punya strategi yang berbeda. Kita tidak bisa ikut campur dengan jadwal kegiatan kampanya mereka. Yang kita lakukan hanya mengawasi dan memastikan bahwa pertemuan langsung itu dilaksanakan dengan mengedapankan protokol Covid-19 dan jumlah peserta terbatas,” terangnya.

Faktanya, tak mengherankan jika metode kampanye melalui medsos menjadi andalan paslon di Pilkada tahun ini. Toh banyak yang menilai kampanye tatap muka lewat pertemuan, tak lagi efektif, karena jumlah massanya dibatasi, yang mana hal itu berdasarkan aturan baru yang ditetapkan KPU menyisiati gelaran pesta demokrasi di tengah pandemi Covid-19.

Adapun pengawasan seluruh akun medsos itu menjadi ranah Bawaslu Banjarbaru. Dalam hal ini, pengawasan tak hanya soal akun resmi atau tidak, melainkan isi konten yang diposting oleh akun resmi milik tiap-tiap paslon.

Dari data KPU Banjarbaru, sedikitnya ada total 20 akun medsos resmi yang telah didaftarkan ketiga paslon untuk jualan kampanye hingga 5 Desember nanti. Puluhan akun medsos tersebut digunakan pada dua aplikasi ternama, yakni Instagram dan Facebook.

Rinciannya, paslon nomor urut 1 Gusti Iskandar Sukma Alamsyah-AR Iwansyah punya 6 akun medsos resmi. Kemudian, Paslon nomor urut 2 Aditya Mufti Ariffin-Wartono mendaftarkan 7 akun medsos mereka. Lalu paslon nomor urut 3, Haji Martinus-Darmawan Jaya Setiawan mendaftarkan sebanyak 7 akun medsos. (kanalkalimantan.com/rico)

Reporter : Rico
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Komentar

Pilkada Banjarbaru

Jelang Debat Putaran Kedua, Begini Kesiapan Para Kandidat Wakil Wali Kota Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Debat paslon wakil wali kota Banjarbaru akan berlangsung besok. Foto: ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Debat publik putaran kedua akan diselenggarakan KPU Banjarbaru pada Jumat (27/11/2020) malam besok. Kali ini pelaksanaan debat mempertemukan antar sesama calon Wakil Wali Kota Banjarbaru.

Pihak KPU sendiri telah menyiapkan dua tema yang dibahas pada debat malam nanti. Yakni, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menyelesaikan terkait persoalan daerah.

Lantas, bagaimana kesiapan para calon Wakil Wali Kota Banjarbaru?

Calon Wakil Wali Kota Banjarbaru nomor urut 2, Wartono, mengaku tak memiliki persiapan khusus. Baginya, saat ini yang menjadi prioritas ialah mempersiapkan kondisi fisik guna mengikuti seluruh rangkaian agenda debat.



“Mulai hari ini sampai Jumat besok, saya fokus istirahat. Kegiatan kampanye ke masyarakat sementara ditiadakan dulu. Prioritas saya harus dalam kondisi sehat dan bugar pada debat nanti,” katanya.

Ihwal tema yang diangkat, Wartono mengaku cukup percaya diri. Mengingat rekam jejaknya sebagai Wakil Rakyat dan bahkan telah mencicipi kursi pimpinan di parlemen, membuat politikus PDIP ini matang memahami kondisi Banjarbaru.

“Satu periode saya menjadi pimpinan di DPRD Banjarbaru. Dari situ saya tahu hal-hal yang krusial untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mengatasi persoalan di Banjarbaru,” ujar Wakil Ketua DPRD periode 2014-2019 tersebut.

Wartono juga berharap agar pelaksanaan debat nanti bisa mengalir, tanpa adanya unsur saling menjatuhkan sesama calon. Ditegaskannya bahwa debat merupakan kesempatan bagi setiap calon untuk memaparkan visi misi yang lebih mendalam tatkala disaksikan ratusan ribu masyarakat Banjarbaru.

Kendati bakal absennya calon Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin pada pelaksanaan debat besok. Ditegaskan Wartono hal itu tak akan mengurangi semangatnya.

“Tetap semangat, ditemani atau tidak. Memang beliau (Aditya, -red) harus banyak istrihat dulu. Ya, kita lihat saja besok, toh kalau beliau menyaksikan saya justru akan lebih bagus lagi,” lugasnya.

Di sisi lain, calon Wakil Wali Kota Banjarbaru nomor urut 3, Darmawan Jaya Setiawan, juga menyatakan kesiapannya jelang pelaksanaan debat. “Insyaallah sudah siap dan terus mempersiapkan diri,” tulisnya, melalui pesan WhatsApp.

Dijelaskan Jaya bahwa dalam pembahasan topik debat, dirinya akan mengikuti alur. Tak khawatir atas statusnya sebagai pertahana -incumbent-, ia lebih menekankan tentang apa saja yang telah dicapai saat masih aktif menjadi Wakil Wali Kota Banjarbaru periode 2016-2020.

“Mengalir saja. Dan lebih banyak menceritakan apa-apa yang sudah dikerjakan untuk kota Banjarbaru,” tambahnya.

Terakhir, Jaya yang merupakan pasangan Calon Wali Kota Banjarbaru, Haji Martinus, berharap pelaksanaan debat antar sesama calon Wakil Wali Kota lebih mengarah ke diskusi. Hal ini tentunya, demi menciptakan suasana perpolitikan yang kondusif.

“Kami menganggap debat ini lebih ke diskusi yang konstruktif untuk menjadikan banjarbaru lebih baik. Insya Allah, suasana cair akan saja. Kita jadikan debat ini sebagai sarana untuk mencipatkan suasana yang kondusif,” tutupnya.

Sayangnya, untuk kesiapan debat dari calon Wakil Wali Kota Banjarbaru nomor urut 1, AR Iwansyah, belum bisa dipaparkan. Sebab, hingga sampai saat ini belum ada respon yang diberikan oleh pendamping Gusti Iskandar tersebut.

Pelaksanaan debat putaran kedua antar calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, dimulai pada Jumat, pukul 20.00 Wita. Jalannya debat disiarkan melalui stasiun televisi lokal serta kanal streaming milik KPU Banjarbaru. (Kanalkalimantan.com/rico)

Reporter : Rico
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Pilkada Banjarbaru

Jelang Pemungutan Suara, HMJ Makin Solid

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Masyarakat antusias memenangkan paslon nomor 3 Martinus - Jaya di Pilkada Banjarbaru Foto: ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Menjelang puncak demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, pasangan calon Wali Kota Banjarbaru Haji Martinus dan calon Wakil Walikota Banjarbaru Haji Darmawan Jaya Setiawan makin meningkatkan soliditas dilini relawan, saksi dan tim pemenangan.

Menurut Emy Lasari, ketua tim pemenangan paslon Haji Martinus – Haji Darmawan Jaya Setiawan, pihaknya terus menguatkan dan terus memupuk kekompakan tim pemenangan, relawan, bahkan para saksi.

“Alhamdulillah, semua yang tergabung di HMJ semakin solid jelang pemungutan suara jelang pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru 2020,” jelasnya, Rabu (25/11) pagi.

Apalagi, tambah ketua DPD PAN Kota Banjarbaru ini, semua partai pengusung dan pendukung paslon Wali Kota dan Wakil Walikota Banjarbaru nomor urut 3 dengan tagline Terbukti Lebih Baik saling bekerjasama untuk memenangkan HMJ.



 

Sedangkan sisa waktu kampanye, kata Emi, tetap akan pihaknya gunakan untuk berkampanye lebih maksimal agar kemenangan yang diraih lebih maksimal.

“Di sela-sela agenda debat publik, sisa waktu ini kita pakai untuk konsolidasi parpol pengusung dan pendukung,  termasuk juga memaksimalkan kampanye tatap muka dan sosialisasi. Sedangkan silaturahmi ke sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, relawan dan lainnya akan semakin dimaksimalkan,” jelasnya.

Politisi muda PAN Kota Banjarbaru ini menyampaikan, bahwa Paslon Haji Martinus dan Haji Darmawan Jaya Setiawan tetap berkomitmen untuk menjalankan kampanye secara santun dan beretika di sisa tahapan kampanye, hingga 5 Desember 2020 nanti.

“Semakin mendekati hari H (Pemungutan Suara – Red), kita akan semakin gencar untuk konsolidasi termasuk kampanye tatap muka dan melalui medsos,” pungkas tokoh muda Kota Banjarbaru ini.(Kanalkalimantan.com/ril)

Reporter : Ril
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->