Connect with us

Kabupaten Kapuas

Kasus Positif Covid-19 Kapuas Melonjak Menjadi 31 Orang

Diterbitkan

pada

Data Covid-19 di Kabupaten Kapuas. foto: gugus tugas covid-19 kapuas

KANALKALIMANTAN. COM, KUALA KAPUAS – Dalam satu hari terakhir terdapat lonjakan kasus positif Covid-19, dari sebelumnya 22 terkonfirmasi positif Covid-19 di Kapuas hingga Kamis (21/5/2020) total 31 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Kapuas H Junaidi mengatakan ada penambahan sembilan orang positif Covid-19 di wilayah itu.

“Total kasus positif Covid-19 adalah 31 orang. Hari ini kami terima ada 9 orang terkonfirmasi positif,” kata H Junaidi, Jum’at (22/5/2020).

Sementara itu, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kapuas dr Try Setyautami menambahkan, pihaknya telah menerima hasil swab yang diterima dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru penambahan 9 positif Covid-19.

“Hasil swab dari BBTKL Banjarbaru yang diterima 21 Mei 2020, ada penambahan 9 orang positif Covid-19,” kata Try.

Riciannya adalah kasus ke-23, seorang laki-laki 74 tahun dari Desa Terusan Baguntan, Kecamatan  Bataguh. Meninggal sebagai PDP (Pasien Dalam Pengawasan) 7 Mei di rumah sakit Kapuas

Kasus 24, perempuan usia 54 tahun dari Desa Tambun Raya. Meninggal 19 Mei sebagai PDP di rumah sakit Kapuas. Untuk kasus ke 25, jenis kelamin  laki-laki 49 tahun dari Kelurahan Selat Tengah.

“Pasien ini pernah dirawat di rumah sakit Kapuas sebagai PDP, klinis ada perbaikan. Saat ini di karantina di NSD,” jelas Try.

Kasus 26 adalah laki-laki, 44 tahun dari desa Basarang. Pernah dirawat sebagai PDP di Rumah sakit  Kapuas. Saat ini menjalanai isolasi di NSD.

Kasus ke-27 adalah laki-laki 62 tahun dari Kelurahan Selat Hulu. Meninggal sebagai PDP di rumah sakit Kapuas 12 Mei 2020.

Positif ke 28 juga seorang laki-laki 52 tahun dari Selat Tengah. Pernah dirawat di rumah sakit Kapuas sebagai PDP. Saat ini menjalani dikarantina di NSD.

Positif Covid-19 ke 29 adalah perempuan 67 tahun di Selat Tengah, pernah dirawat sebagai PDP. Saat ini isolasi mandiri di rumah.

Kasus ke-30 adalah  laki-laki 27 tahun dari Kelurahan Selat Tengah. Sebelumnya sebagai OTG, saat ini isolasi mandiri di rumah

Positif Covid-19 ke 31 adalah perempuan 23 tahun dari Kelurahan Selat Tengah. Sebagai OTG, kini menjalani isolasi mandiri di rumah. (kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : ags
Editor : bie

 

Advertisement
Komentar

Kabupaten Kapuas

Rapid Test Massal di Pasar Kapuas, 3 Warga Ditemukan Reaktif

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga. Foto: ags

KANALKALIMANTAN. COM, KUALA KAPUAS – Tiga warga dinyatakan reaktif menyusul hasil rapid test di kawasan pasar kerja sama Pemprov Kalteng, Pemkab Kapuas serta TNI/Polri. Rapid Test massal bagi warga tersebut dilakukan di kawasan Pasar Sahawung Danau Mare, Kecamatan Selat, Rabu (27/5/2020) pagi.

“Warga yang ikut rapid test semuanya 402 orang dari wilayah Kecamatan Selat, termasuk kecamatan lainnya. Hasilnya dari jumlah tersebut 339 orang non reaktif, tiga orang lainnya dinyatakan reaktif,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga kepada wartawan, Rabu (27/05/2020) sore.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas ini menyebut, keberadaan tiga orang yang dinyatakan reaktif itu berasal dari jalan Mahakam dan Seroja, Kecamatan Selat dan warga Sungai Kayu, Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat.

Baca juga: Meninggal Dunia Tertinggi di Kalteng, Rapid Test Massal Digelar di Pasar Kapuas

“Diduga warga dari Sungai Kayu pernah kontak klaster Gowa. Terkait itu langkah yang diambil petugas kesehatan mencari keberadaan tiga orang tersebut, selanjutnya nanti dibawa ke NSD rumah karantina,” jelas Panahatan Sinaga.

Rapid test massal di kawasan pasar Kapuas, depan pelabuhan Danau Mare, Kuala Kapuas, Rabu (27/5/2020) pagi. foto: ags

Karena itulah, lanjutnya, pihak gugus tugas akan kembali melakukan rapid test. Dan warga sudah banyak mengajukan untuk tes cepat itu, baik dari kelompok maupun perorangan.

“Dalam hal ini juga terang Ketua Harian Gugus Tugas P2 Covid-19 Kapuas, BPBD Dinas Satpol PP Dan Damkar Kodim juga sudah memgajukan Rapid Test. Karena saat ini alatnya masih mencukupi,” ujar Sinaga. (kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : ags
Editor : bie

 

Lanjutkan membaca

Kabupaten Kapuas

Bertambah Delapan, Kasus positif di Kapuas Tembus 70 Orang

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Juru Bicara Gugus Tugas P2 Covid-19 H Junaidi. Foto: ags

KANALKALIMANTAN. COM, KUALAKAPUAS – Data terkini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah kembali mengalami lonjakan.

Hingga Selasa (26/5/2020) kasus positif Covid-19 di Kapuas bertambah delapan dan total menjadi 70 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas P2 Covid-19 H Junaidi dalam keterangan resminya membenarkan penambahan jumlah terkonfirmasi Covid-19.

“Ada delapan penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 70, jadi dibandingkan kemarin itu ada 62 berarti ada peningkatan delapan kasus positif,” terang H Junaidi.

Rincian penambahan kasus positif tersebut, terdiri atas tiga dari Kelurahan Selat Dalam, kemudian masing-masing satu dari Selat Hilir, Kelurahan Selat Hulu, Kelurahan Selat Utara, Kelurahan Selat Barat satu dan satu orang Kelurahan Barimba, Kecamatan Kapuas Hilir

Dari total 70 kasus positif itu, dinyatakan sembuh sembilan orang dan meninggal dunia 11 orang.

“Dengan bertambahnya kasus ini Pemkab Kapuas kembali mengingatkan masyarakat agar senantiasa menjaga diri keluarga dan lingkungan dari penularan Covid-19,” tukas dia. (kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : ags
Editor : dhani

 

Lanjutkan membaca

Kabupaten Kapuas

Desa Ini Berlakukan Pemeriksaan Ketat Warga yang Keluar Masuk

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

keluar masuk Desa Sidomulyo, Kecamatan Mantangai, dilakukan pemeriksaan ketat, berupa cek suhu tubuh. foto: ags

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Upaya pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19), keluar masuk di Desa Sidomulyo, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, dilakukan pemeriksaan ketat, berupa cek suhu tubuh.

“Hal itu kita laksanakan berdasarkan anjuran pemerintah dalam upaya penanganan wabah virus ini,” kata Kades Sidomulyo, Pariyono.

Pihak Desa Sidomulyo bersama warga juga melakukan penyemprotan disinfektan dan pemberian hand sanitizer bagi pengendara yang masuk maupun keluar dari desa Sidomulyo.

“Untuk warga yang masuk dan keluar dari kecamatan atau kabupaten Kapuas, kita lakukan penyemprotan hand sanitizer dan disinfektan, mengantisipasi masuknya wabah virus corona ke desa kita,” terang Kades Sidomulyo

Keluar masuk Desa Sidomulyo, Kecamatan Mantangai, dilakukan pemeriksaan ketat, berupa cek suhu tubuh. foto: ags

Perangkat desa berjaga di jalan masuk desa, mensterilkan warga yang keluar masuk desa. Di setiap pintu jaga ditempatkan tiga orang dari perangkat desa.

“Siapa saja yang keluar masuk disemprotkan hand sanitizer dan dinsinfektan, juga pengukur suhu tubuh,” ujar Bahruni, salah satu petugas. (kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : ags
Editor : bie

 

Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->