Connect with us

Kab. HSU

Keluarga Besar Kodim 1001 Salurkan Zakat Fitrah ke Baznas dan Panti Asuhan

Diterbitkan

pada

Badan Amil Zakat Kodim 1001 Amuntai serahkan zakat fitrah anggota dan keluarga besar Kodim 1001. foto: kodim 1001 for kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Menjelang Idul Fitri 1441 Hijriah, Badan Amil Zakat Kodim 1001 Amuntai serahkan zakat fitrah anggota dan keluarga besar Kodim 1001 Amuntai melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan Baznas Kabupaten Balangan, Kamis (21/5/2020)

Selain menyerahkan zakat fitrah ke Baznas, Badan Amil Zakat Kodim 1001 Amuntai menyerahkan zakat fitrah ke sejumlah panti asuhan di Kabupaten HSU dan Kabupaten Balangan.

Badan Amil Zakat Kodim 1001 Amuntai serahkan zakat fitrah anggota. foto: kodim 1001 for kanalkalimantan

Zakat fitrah yang berhasil dikumpulkan Badan Amil Zakat Kodim 1001 berupa uang sebanyak 320 jiwa x Rp 55.000 -total uang Rp 17.600.000-, dan sedekah Rp 252.000.

 

Dandim 1001 Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kewajibab anggota dan Keluarga Besar Kodim 1001 Amuntai menunaikan zakat wajib pada diri sendiri.

Zakat fitrah sudah menjadikan kewajiban untuk dikeluarkan dan disalurkan kepada orang yang berhak menerimanya.

“Semoga dengan zakat yang kita salurkan ini dapat bermanfaat dan dapat menjadikan ibadah bagi kita semua,” ucap Dandim. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie

 

Advertisement
Komentar

Kab. HSU

Jalankan Imbauan Pemerintah, Sejumlah Masjid di HSU Sepi Saat Sholat Idul Fitri

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Pantuan Polres HSU atas aktivitas warga di saat idul fitri Foto : polres for kanal

KANALKALIMANTAN.COM, Pemantauan Sholat Idul Fitri 1441 yang digelar Polres Hulu Sungai Utara (HSU) dan Polsek jajaran terhadap sejumlah mesjid di desa dan kecematan, menunjukkan ketaatan atas imbauan pemerintah. Sebagian besar masjid tidak menggelar Sholat Id, hanya beberapa saja yang melaksanakan itupun dengan jamaah terbatas.

Banyak masijd tidak melaksanakan sholat id lantaran masih dalam suasana pandemi virus corona (covid-19) serta gencarnya Polres HSU dan Polsek jajaran mensosialisasikan protokol kesehatan saat pandemi virus corona.

Ditambah lagi dengan dukungan para tokoh agama dan alim ulama yang ikut menghimbau warga masyarakat agar patuh terhadap kebijakan pemerintah. Agar warga menggelar sholat Id di rumah masing-masing.

Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto melalui Kasat Intelkam Polres HSU AKP Cece Sudrajat mengakui selain melasanakan pemantauan sholat idul fitri, pihaknya juga melaksanakan pengamanan terbuka di beberapa mesjid. Langkah ini untuk memastikan pelaksanaan sholat idul fitri 1441 H berjalan dengan aman dan tertib.

“Sementara masjid yang menggelar sholat Id pelaksanaanya harus sesuai protokol kesehatan di antaranya selalu memperhatikan Sosial Distancing, Pisycal Distancing, dan gunakan masker,” ungkap Kasat Intelkam, Senin (25/5/2020).

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan pemantauan Sholat Idul Fitri di sejumlah masjid sendiri dikendalikan oleh perwira pengendali dan Kapolsek jajaran. “Sementara itu hasil pemantauan pelaksanaan sholat idulfitri kemarin di Kabupaten HSU berjalan dengan aman kondusif, berkat kerjasama dan kesadaran warga masyarakat disaat pandemi virus corona,” tandasnya. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : Dew
Editor : Chell
Lanjutkan membaca

Kab. HSU

Sepekan Penyaluran BLT-DD di HSU, Sisa 17 Desa yang Belum Lakukan Penyaluran

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

DPMD HSU telah menyalurkan BLT-DD ke 197 desa dari total 214 desa di HSU. Foto : dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menyebutkan setidaknya 197 desa dari total 214 desa yang telah menerima penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa BLT (BLT-DD).

Kepala DPMD HSU Rijali Penyaluran kepada kanalkalimantan.com, mengatakan persentase desa yang sudah menyalurkan BLT-DD di Kabupaten HSU berjumlah 92% atau 197 desa dari total 214 desa di HSU. Adapun jumlah KK yang telah menerima BLT Dana Desa bulan pertama penyaluran yakni sebanyak 17.027 KK dengan nominal Rp 600.000 per bulan, dengan jumlah dana yang telah disalurkan sebanyak Rp 10.216.200.000

Meski penyaluran BLT-DD se Kabupaten HSU telah mencapai 197 desa dari 214 desa, namun masih ada 17 desa yang belum menyalurkan BLT bulan pertama.

Hal ini menurut Rijali, dikarenakan keterlambatan desa menyiapkan dokumen yang menjadi persyaratan penyaluran seperti APBDes perubahan dan Peraturan Kepala Desa tentang penetapan penerima BLT Dana Desa,” jelasnya, Jumat (22/5/2020).

Oleh karenanya, pihaknya bakal menjadwalkan penyaluran BLT-DD kepada 17 desa tersebut pada hari Rabu tanggal 27 Mei 2020 mendatang.

Sebelumnya, Rijali juga menyebut diantara kreteria penerima BLT-DD adalah keluarga miskin yang kehilangan mata pencaharian, atau mempunyai anggota keluarga yang sedang sakit kronis, serta tidak tercatat sebagai penerima PKH dan Bantuan Pangan Non tunai serta bantuan sosial tunai (BST) dari Kemensos RI.
Berikut 17 desa yang belum melakukan penyaluran BLT-DD:
1. Desa Guntung Kecamantan Amuntai Utara
2. Desa nelayan kec. Sungai tabukan
3. Desa sungai tabukan kec. Sungai tabukan
4. Desa galagah hulu kec. Sungai tabukan
5. Desa Banua hanyar kec. Sungai tabukan
6. Desa pondok babaris kec. Sungai pandan
7. Desa Rantau Karau Hilir Kec. Sungai pandan
8. Desa Banyu Tajun Hilir Kec. Sungai pandan
9. Desa Banyu Tajun Hulu Kec. Sungai Pandan
10. Desa Hambuku Hulu kec. Sungai pandan
11. Desa Hambuku Tengah Kec. Sungai Pandan
12. Desa Murung Asam kec. Sungai pandan
13. Teluk sinar kec. Sungai pandan
14. Desa Tatah laban kec. Sungai pandan
15. Desa Sapala kec. Paminggir
16. Desa Bararawa kec. Paminggir
17. Desa Tampakang kec. Paminggir
(kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : cell

 

Lanjutkan membaca

Kab. HSU

Warga Alabio Geger Penemuan Mayat Perempuan Usai Berbuka Puasa

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Penemuan mayat Pari’ah di Desa Sungai Pandan Hulu RT 06, Kecamatan Sungai Pandan Foto : dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Usai berbuka puasa, Warga Desa Sungai Pandan Hulu RT 06, Kecamatan Sungai Pandan (Alabio), Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), dibuat geger penemuan mayat perempuan di dalam rumah pada Kamis (21/5/2020). Kondisi mayat sudah mulai membusuk saat ditemukan.

Informasi yang dihimpun Kanalkalimantan.com, mayat perempuan tersebut merupakan ibu rumah tangga berusia 49 tahun yang akrab dipanggil Pari’ah yang diketahui tinggal seorang diri.

Penemuan mayat ini berawal ketika warga sekitar mencium bau tidak sedap atau busuk di sekitar rumah Pari’ah. Karena curiga asal muasal sumber bau busuk itu dari rumah tersebut, warga desa dan Kades berinisiatif membuka paksa pintu rumah.

Setelah itu, didapati ada sesosok mayat perempuan di bagian dapur rumah dengan kondisi sudah tak bernyawa. Atas temuan tersebut, Kades serta warga melaporkan kejadian itu ke Polsek Alabio dan Anggota Alabio bersama warga langsung mendatangi TKP.

Kapolsek Alabio Iptu Agus Sumitro kepada kanalkalimantan.com, Jamat (22/5/2020) mengakui pihaknya telah menerima laporan warga terkait penemuan mayat tersebut. “Pihak keluarga menolak dilakukan Otopsi dan pihak keluarga menyerahkan pemakaman kepada aparat Desa dan warga Sungai Pandan Hulu,” Ujarnya

Dari hasil pemeriksaan di sekitar TKP tidak ditemukan hal mencurigakan yang mengarah ke tindak Pidana. Sehingga kuat dugaan korban meninggal dikarenakan memiliki riwayat penyakit stroke.

Hal ini juga diperkuat dari keterangan anak tiri korban, Yudi yang mengatakan bahwa yang bersangkutan pernah mengalami riwayat penyakit stroke. Selanjutnya mayat almarhumah dimakamkan di kuburan muslim Desa Sungai Pandan Tengah. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : cell

 

Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->
Share via
Copy link
Powered by Social Snap