Connect with us

PILKADA BANJARMASIN

Pedagang Pasar Cemara Ini Ingin Kota Banjarmasin Dipimpin Perempuan

Diterbitkan

pada

Calon Wali Kota Hj Ananda saat bertemu pedagang di Pasar Cemara Banjarmasin Foto: ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Calon Wali Kota Banjarmasin Ananda berkesempatan mengunjungi Pasar Cemara Banjarmasin. Dalam kunjungan tersebut sejumlah pedagang Pasar Cemara Banjarmasin mengaku terkejut dengan sosok Ananda yang ternyata tidak hanya memiliki paras cantik, namun juga supel dan mudah bergaul.

Bahkan, salah satu pedagang sayur di Pasar Cemara Banjarmasin Sarah Bastani mengaku ingin Kota Banjarmasin kedepannya dipimpin perempuan. “Kita rasai pulang pemimpin bebinian. Kalau dipimpin oleh Hj Ananda, kita harapkan nanti tidak hanya cantik Walikotanya, tapi juga bisa ikutan cantik kotanya,” ungkapnya, Minggu (25/10/2020).

Dirinya menitipkan harapan besar kepada Calon Pemimpin Kota Banjarmasin yang nantinya terpilih 3,5 tahun mendatang, salah satunya supaya membenahi Pasar Tradisional di Kota Banjarmasin agar kembali ramai dikunjungi oleh masyarakat.

“Selama pandemi Covid-19 omset usaha kami turun hingga mencapai 50 persen. Semoga pemimpin yang terpilih nantinya bisa mencarikan solusi supaya pasar tradisional kembali ramai, salah satunya dengan cara merevitalisasinya agar semakin nyaman dikunjungi masyarakat,” tambah perempuan 57 tahun itu.



Sementara itu, pedagang lainnya di Pasar Cemara Banjarmasin, Dede Boy Fahlevi mengaku tidak masalah pemimpin Kota Banjarmasin kedepannya adalah dari kalangan perempuan. Bagi pedagang baju tersebut, masalah gender bukan lagi sebuah hal yang harus diperdebatkan, asalkan yang bersangkutan memiliki kompetensi yang mumpuni supaya dapat membawa Kota Banjarmasin menjadi lebih maju kedepannya.

“Kalau Hj Ananda saya lihat punya kompetensi. Apalagi beliau sebelumnya juga pernah menjabat sebagai wakil rakyat selama 3 periode, kompetensi itu bagi saya sudah cukup untuk beliau dalam memimpin Kota Banjarmasin,” jelas lelaki berumur 36 tahun ini.

Sementara itu, Calon Walikota Banjarmasin Hj Ananda mengakui banyak sekali harapan para pedagang di Pasar Cemara Banjarmasin yang dititipkan kepadanya jika nantinya terpilih untuk memimpin Kota Banjarmasin selama 3,5 tahun mendatang.

Khususnya dalam rangka menarik minat masyarakat kembali untuk mau berbelanja ke Pasar Tradisional. Hal itu mengingat selama beberapa tahun terakhir kunjungan masyarakat ke pasar tradisional terus merosot, apalagi saat Pandemi Covid-19 sekarang.

“Jika terpilih pembenahan pasar tradisional akan menjadi salah satu prioritas saya agar masyarakat bisa kembali tertarik berbelanja ke pasar tradisional. Selama ini memang Pemerintah Setempat sudah melakukan upaya revitalisasi, tapi karena anggarannya tidak fokus membuat revitalisasi yang dilakukan tidak terlihat dampaknya,” ujar Runner Up 1 Puteri Indonesia Tahun 2006 ini.

Karena itulah nantinya di era kepemimpinannya, anggaran revitalisasi akan diupayakannya fokus membenahi satu persatu Pasar Tradisional di Kota Banjarmasin. Dengan fokus dirinya optimis akan bisa merubah wajah pasar menjadi lebih modern, nyaman dikunjungi oleh masyarakat dan jauh dari kesan kumuh.

“Melalui cara ini saya meyakini Pasar Tradisional akan kembali menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarakat. Kalau ramai tentu omset pedagang juga akan ikut naik,” imbuh mantan Ketua dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin itu.

Sekadar diketahui, Calon Walikota Banjarmasin Hj Ananda menggandeng Calon Wakil Walikota Banjarmasin Ustadz H Mushaffa Zakir Lc untuk maju di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banjarmasin dengan nomor urut 4 dan tagline berbenah bersama.

Ada 4 program unggulan yang diusung oleh paslon yang mewakili kaum ibu dan millenial itu, yaitu pertama Gerakan Dorong Usaha Lokal Untuk Baik Kelas (Gendong Ulun), kedua bertahan pulih bangkit hingga Covid 19 selesai (Batapih Bahalai), ketiga Emak Berdaya Tangguh Pandai dan Berpenghasilan (Ember Tapasan) dan keempat Bantuan Pendidikan Selama Pandemi (Bapespa). (Kanalkalimantan.com/ril)

Reporter : Ril
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

PILKADA BANJARMASIN

Jangkau Penertiban APK di Lokasi Sulit, Pemko Banjarmasin Fasilitasi Mobil Crane

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Penertiban atribut kampanye akan dilakukan saat masa tenang. Foto: dok
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Petugas gabungan yang pada Kelompok Kerja (Pokja) dijadwalkan pada

5 Desember 2020 dan masa tenang tanggal 6-7 Desember 2020 akan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih melanggar.

Terkait kendala yang akan dihadapi petugas gabungan Pokja dalam penertiban APK, Pemko Banjarmasin akan memfasilitasi sarana penunjang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Banjarmasin, Kasman. Ia mengatakan pihaknya secara prinsip siap memfasilitasi apapun yang diperlukan oleh Bawaslu untuk menertibkan APK sebelum memasuki masa tenang.



 

“Kapanpun Bawaslu mau turun lagi untuk menertibkan APK siap kita fasilitasi dan memback-upnya semampunya,” ucapnya.

Termasuk jika Bawaslu memerlukan alat berupa mobil craine untuk membersihkan APK yang letaknya sangat sulit dijangkau petugas, seperti di atas pohon, tiang listrik ataupun tiang telepon.

“Kalau hal seperti itu ada pada saat penertiban pertama dan sulit untuk dibersihkan jika memakai tenaga manusia dan harus memerlukan alat bantu seperti crane, maka kami siap. Tapi kami terlebih dahulu menunggu laporan dari Bawaslu dimana saja lokasi APK yang sulit dibersihkan itu,” paparnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan agar saat masa kampanye sudah berakhir, Kota Banjarmasin bisa bersih dari APK yang bertebaran di pelosok-pelosok kota.

“Terakhir tanggal 5 Desember, maksimal pukul 24.00 WITA seluruh APK harus dibersihkan semuanya. Tidak boleh ada lagi. Mau tidak mau seluruh petugas akan kita kerahkan untuk menertibkan APK,” ungkapnya.

Sebelumnya, terkait dengan penertiban kedua ini Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, Muhammad Yassar mengatakan salah satu kendala dalam menertibkan APK ialah APK yang dipasang di tempat yang tinggi dan sulit untuk dijangkau.

“Salah satu kendala yang akan dihadapi dalam melakukan penertiban APK, tentunya menjangkau APK yang dipasang di tempat yang tinggi, Misalnya yang di atas pohon, kemudian sisa di baliho yang tinggi-tinggi,” tuturnya.

Yasar juga menambahkan sebelum melakukan penertiban berikutnya
pihaknya menghimbau paslon dan timnya untuk menurunkan sendiri.
Petugas yang diterjunkan dalam giat pertama 27 November 2020 sebanyak 180 petugas Tim Pokja yang di dalamnya tergabung unsur Bawaslu Banjarmasin, TNI, Polri, Satpol PP hingga Dishub Banjarmasin.

Penertiban APK akan dilakukan hingga pelosok-pelosok yang ada di kota Banjarmasin dan sasaran penertiban APK ini berupa spanduk dan baliho yang melanggar aturan yang dipasang pada fasilitas umum seperti pohon, tiang listrik, tiang telepon, drainase, fasilitas pendidikan, keagamaan.

APK yang dipasang di lokasi yang tidak berizin yang merupakan milik masing-masing pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020 serta paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan.
(Kanalkalimantan.com/putra)

Reporter : Putra
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

PILKADA BANJARMASIN

Demi Warga, Ananda Komitmen Tetap Blusukan Saat Jadi Wali Kota

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Calon Wali Kota Ananda selali akrab dengan warga foto: ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Menyusuri jalan sempit, pemukiman padat penduduk, hingga hiruk pikuk pasar tradisional, dilakukan calon Wali Kota Banjarmasin nomor urut 4, Hj. Ananda, untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat.

Ditemani sejumlah warga dan relawan, mantan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Banjarmasin itu, tak sungkan menemui satu demi satu warga baik laki – laki, perempuan, tua dan muda di sejumlah kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Tengah, Selasa (24/11).

Kehadiran Hj Ananda dalam setiap kegiatan blusukan atau menyapa warga, selalu mendapat sambutan hangat dari masyarakat, baik laki – laki apalagi kaum perempuan di Banjarmasin.

Hj Jiah misalnya tak menyangka kediamannya disalah satu kawasan padat penduduk di Kecamatan Banjarmasin Tengah, disambangi Hj Ananda yang merupakan satu-satunya calon Wali Kota perempuan Banjarmasin.



 

“Tadi didatangi Hj Ananda. Sebelumnya tidak pernah bertemu. Orangnya cantik dan kami perempuan pasti mendukung calon Wali Kota perempuan,” ucap Hj Jiah.

Hj Jiah mengaku saat ini kaum perempuan punya hak dan kualitas kepemimpinan yang sama dengan laki – laki. Buktinya lanjut wanita pemilik usaha rias pengantin ini, beberapa kota seperti Surabaya dipimpin Wali Kota perempuan dan sekarang kotanya maju pesat.

“Di tempat kami ini Ketua RT juga perempuan. Kami akan mendukung dan mendoakan Hj Ananda semoga terpilih menjadi Wali Kota perempuan pertama di Banjarmasin,” katanya.

Yayu warga Kelurahan Pasar Lama tak bisa menyembunyikan kegembiaraannya bertemu dengan Hj Ananda bahkan sempat minta foto bersama, karena sangat mengidolakan dan mendukung Hj Ananda sebagai Wali Kota Banjarmasin.

“Senang bisa bertemu dan berfoto. Kami perempuan akan mendukung calon Wali Kota perempuan nomor urut 4, yakni Hj  Ananda. Harapan saya, setelah menjadi Wali Kota, jangan lupa sering-sering berkunjung dan melihat kondisi warga,” harapnya.

Terpisah, calon Wali Kota Banjarmasin Hj Ananda mengaku bersyukur atas sambutan hangat warga yang telah memberikan doa dan dukungan kepadanya 9 Desember nanti.

“Ada banyak hal yang akan kami benahi bersama seperti tempat tinggal yang layak bagi warga. Masih banyak warga yang terpaksa tinggal dengan kondisi rumah yang memperihatinkan. Program bedah rumah akan kami maksimalkan dengan anggaran yang lebih besar untuk kenyamanan warga,” ucapnya.

Tak hanya memberi perhatian pangan, sandang, dan papan, mantan Finalis Puteri Indonesia itu, juga berkomitmen akan terus dekat dan lebih dekat dengan masyarakat jika nantinya terpilih menjadi Wali Kota Banjarmasin periode 2021-2024.

“Sudah komitmen kami Hj Ananda-Ustadz H Mushaffa Zakir Lc, (AnandaMu) hari ini dilantik, besok kami langsung kunjungan kerja ke-1500 RT yang ada di Banjarmasin. Kami ingin terus hadir ditengah masyarakat, dekat dengan warga, dan mengetahui apa saja keinginan mereka,” tutupnya. (Kanalkalimantan.com/ril)

Reporter : Ril
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->