Connect with us

Kabupaten Banjar

Peringati HDKD 2020 Lapas Karang Intan Bagikan Sembako dan Masker

Diterbitkan

pada

Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan gelar bakti sosial kepada warga binaan dan masyarakat di Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan, Rabu (28/10). Foto: ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Memperingati Hari Dharma Karyadhika (HDKD) tahun 2020, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan gelar bakti sosial kepada warga binaan dan masyarakat di Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan, Rabu (28/10).

HDKD merupakan agenda tahunan Kementerian Hukum dan HAM, tahun 2020 mengangkat tema ‘Layanan Publik Digital Kemenkumham, Menuju Indonesia Maju.’ Sebelumnya Lapas Karang Intan juga telah mengikuti upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika 2020 secara virtual, yang diselengarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Selepas apel pagi, Kepala Lapas (Kalapas) Karang Intan, Sugito beserta jajaran pejabat struktural dan petugas Lapas Karang Intan langsung menuju blok hunian warga binaan, guna membagikan masker dan perlengkapan kebersihan, sebagai kegiatan pertama pelaksanaan bakti sosial dalam rangka HDKD 2020.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kalapas, kemudian bergerak menuju Desa Padang Panjang, menyapa masyarakat yang sedang beraktifitas untuk kemudian membagikan paket perlindungan diri yang telah disiapkan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Coronavirus disease 2019 (Covid-19) di lingkungan masyarakat.



Masyarakat yang mengetahui kegiatan tersebut, antusias menghampiri dan menerima paket yang dibagikan Sugito, untuk kemudian mengenakan masker yang dibagikan.

Sugito dalam keterangannya mengatakan, bahwa peringatan HDKD 2020 berbeda dari sebelumnya, dimana saat ini pandemik covid-19, sehingga bakti sosial yang dilakukan juga dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19.

“Peringatan Hari Dharma Karyadhika tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelum nya, karena saat ini pandemic Covid-19, masih sama-sama kita rasakan, sehingga Lapas Karang Intan menyelenggarakan bakti sosial dengan membagikan masker dan paket perlindungan diri kepada warga binaan dan masyarakat yang berada di sekitar Lapas Karang Intan,” jelasnya.

Abdillah, salah seorang warga masyarakat mengatakan sangat bersyukur atas bakti sosial yang dilakukan oleh Lapas Karang Intan, paket tersebut digunakan untuk aktifitas sehari-hari.

“Alhamdulillah, paket yang dibagikan Lapas Karang Intan sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari, terlebih saat ini masih pandemic covid-19 dan semoga pandemic covid-19 cepat berakhir, masyarakat bisa beraktifitas seperti sedia kala,” katanya.

Kegiatan yang dilakukan secara sederhana tersebut, berlangsung dengan lancar dan sukses serta diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik kepada masyarakat secara luas.(kanalkalimantan.com/putra)

Reporter: Putra
Editor: Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kabupaten Banjar

Penutupan 25 Kegiatan Kemandirian Pemasyarakatan, Bisa Jadi Modal saat Bebas dari Lapas

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Penutupan pelatihan warga binaan kemandirian pemasyarakatan tahun 2020 Lapas Karang Intan, Jumat (4/12/2020). Foto: lapas karang intan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Bertempat di aula ruang kunjungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) menutup kegiatan pelatihan pembinaan kemandirian narapidana tahun 2020, Jumat (4/12/2020).

Sepanjang tahun 2020, Lapas Karang Intan melaksanakan 25 paket pelatihan pembinaan kemandirian bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kalimantan Selatan, Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar, dan Noor Ramsiah Sasirangan Kota Banjarmasin.

“Terhitung mulai tanggal 6 Februari sampai 3 November 2020, telah kita laksanakan 25 kegiatan kemandirian yang ditempuh selama kurang lebih sekitar 9 bulan dengan lancar, tertib dan aman, tanpa adanya kendala apapun, diikuti sebanyak 500 o
warga binaan,” ujar Kepala Seksi Kegiatan Kerja (Giatja) Kemal Idris Siregar.

Adapun kegiatan pelatihan yang dilakukan, diantaranya produksi kain sasirangan, pembuatan kolam bioflok budidaya ikan lele dengan system bioflok, las listrik, budidaya sayuran dengan teknologi hidroponik, olahan berbahan kedelai, budidaya melon dan semangka, budidaya tanaman sayur dan biofarmaka, pertukangan mebel, pertukangan mebel kayu, pertukangan mebel sofa dan budidaya maggot.



Kepala Lapas (Kalapas) Karang Intan Sugito mengatakan program pembinaan kemandirian yang dijalankan, sesuai dengan resolusi pemasyarakatan tahun 2020 untuk peningkatan kualitas WBP menjadi SDM unggul melalui pelatihan keterampilan bersertifikat.

“Sebagai bekal warga binaan kembali ke masyarakat setelah selesai menjalani hukuman di Lapas Karang Intan. Kegiatan pembinaan yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi bagi warga binaan agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Apalagi saat sudah menghirup udara bebas nanti warga binaan bisa menciptakan lapangan kerja atau penghasilan, sendiri, sehingga tidak lagi berpikir yang aneh-aneh, dan diniatkan mencari nafkah untuk keluarga dan ibadah.

Hasil dari program pembinaan kemandirian yang dilakukan Lapas Karang Intan sepanjang tahun 2020, telah menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang telah disetor ke kas negara sebesar Rp. 31.477.000 dan akan terus ditingkatkan hingga akhir Desember 2020.

“Saya berharap, warga binaan yang telah mengikuti pelatihan pembinaan kemandirian, bisa menjadi warga yang baik dan bertanggung jawab, bisa berpartisipasi dalam pembangunan, sesuai dengan tujuan sistem pemasyarakatan,” tambah Kalapas.

Pada kesempatan tersebut, Kalapas juga mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya pelatihan pembinaan kemandirian tahun anggaran 2020, dan berharap kerjasama terus berlanjut untuk masa-masa yang akan datang.

Salah seorang warga binaan yang mengikuti pelatihan, Rahmat mengaku senang bisa ikut pelatihan yang diadakan di Lapas Karang Intan, bisa mendapat ilmu dan pengalaman baru sebagai modal penghasilan saat bebas nanti.

“Senang, bisa belajar hal-hal baru dan punya keahlian, terlebih kita juga dapat sertifikat dari pelatihan ini, sebagai modal mencari kerja, nanti juga bisa bikin usaha dari ilmu dan pengalaman yang didapat di sini,” ujar Rahmat.

Kegiatan penutupan pelatihan pembinaan kemandirian tahun anggaran 2020 di Lapas Karang Intan, turut dihadiri Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kalimantan Selatan, Suhirman, pejabat perwakilan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin, pejabat Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar, dan Noor Ramsiah Sasirangan Banjarmasin, yang masing-masingn bersama mentor dan pendamping pelatihan.
(kanalkalimantan.com/putra)

 

Reporter : Putra
Editor : Bie


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Kabupaten Banjar

KPU Banjar Mulai Distribusikan Logistik Pilkada ke Seluruh Kecamatan

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

KPU Banjar mulai distribusikan logistik pemilu ke kecamatan. foto: kpu banjar
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Tidak ingin mengalami kesulitan saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar sudah mulai mendistribusikan kelengkapan logistik ke setiap kecamatan, Kamis (3/12/2020).

Pendistribusian Logistik Pilkada 2020 ini dihadiri oleh Ketua KPU Banjar Muhaimin dan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar, Aslam beserta perwakilan Bawaslu Banjar, di Gudang Logistik KPU Banjar yang berada di Gedung Serbaguna Desa Indrasari, Kecamatan Martapura.

Abdul Aziz, selaku Kordinotor Devisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat KPU Banjar menyampaikan, penyaluran logistik pemilu dilakukan sebelum hari pencoblosan, dan mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

“Kita tidak ingin mengalami kesulitan pada saat pencoblosan, jadi logistik mulai kami distribusikan ke masing-masing kecamatan yang geografisnya jauh,” tuturnya.



Penyaluran distribusi ke masing-masing kantor Kecamatan menggunakan 4 unit truk, beserta jasa bongkar muat yang disediakan oleh pihak swasta sendiri yang di sewa oleh KPU Banjar.

Penyaluran logistik pemilu berupa kotak suara, surat suara, bilik suara dan peralatan lain yang biasanya digunakan dalam pemilu.

Dan tahun ini juga ada tambahan logistik baru yaitu Alat Pelindung Diri (APD) untuk mencegah penularan Covid-19 yang nantinya akan digunakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Alat APD terdiri dari berupa alat penyemprot untuk desinfektan dengan ukuran kecil, Face Shield Kecamatan dan Face Shield Mika, Timba air Berkeran dan timba penampung Air, Hand Sanitizer serta alat coblos untuk tunanetra,” ungkapnya.

Kapala Badan Kesbangpol yang hadir, mewakili Pemerintah Kabupaten Banjar, Aslam berterima kasih atas kerja keras KPU dalam penyaluran logistik Pilkada 2020 ini.

“Kami berharap agar distribusi bisa terlaksana dengan lancar dan tidak ada gangguan dengan back up pengawalan kepolisian hingga sampai di lokasi. Semoga pemilu kali ini berjalan dengan damai, lancar dan sukses,” harapnya.

Logistik Pilkada 2020 yang dilepas di hari pertama pendistribusian ini disalurkan Kecamatan Paramasan, Sungai Pinang, Talaga Bauntung, Sambung Makmur, Pengaron, Simpang Empat, Mataraman, Cintapuri.

Dan akan di lanjutkan Jumat (4/12/2020) ke Kecamatan Aranio, Beruntung Baru, Astambul, dan Karang Intan.
(Kanalkalimantan.com/putra)

 

Reporter : Putra
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->