Connect with us

HIBURAN

Playfest 2020, Upaya Bersama Tumbuhkan Industri Kreatif Tanah Air

Diterbitkan

pada

Berbagai acara industri kreatif tanah air digelar di acara Playfest 2020 Foto:ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA – Ekonomi kreatif dalam beberapa tahun terakhir kian tertata dan menjadi salah satu prioritas pengembangan nasional. Mengutip Opus Creative Economy Outlook 2020, sektor ekonomi kreatif Indonesia diperkirakan sudah mencapai lebih dari Rp 1.000 triliun.

Industri kreatif kini bahkan diharapkan bisa menjadi salah satu ujung tombak Pemulihan Ekonomi Nasional.

Hal tersebut membuat keikutsertaan setiap praktisi industri kreatif tanah air dalam sebuah ekosistem kreatif yang tepat menjadi penting. Berbagai privilege tentu akan dapat dirasakan oleh mereka yang aktif menjadi pegiat ekosistem kreatif tanah air.

Secara berkala, berbagai acara industri kreatif tanah air digelar, salah satunya Playfest 2020.



Najwa Shihab, Co-Founder Narasi, menuturkan berbagai acara kreatif penting untuk menumbuhkan industri kreatif tanah air. “Industri kreatif tanah air hari ini menjadi salah satu harapan kita dalam pemulihan ekonomi nasional.

Pasarnya luas, potensinya besar, karena itu kita harus berkumpul, saling bahu-membahu, sehingga ekosistemnya bisa terus bertumbuh. Playfest kami hadirkan harapannya untuk memberi ruang bagi setiap penikmat industri kreatif bisa mengembangkan ketertarikan mereka menjadi sesuatu yang berdampak, bagi diri mereka ataupun secara ekonomi.”

Tiap pilar di Playfest 2020 memiliki keseruannya masing-masing. Pilar Ideas, akan terbagi dalam Conference, Talkshow, Networking Lounge, dan Workshop. Pada area Conference, pengunjung bisa menikmati beragam tema yang dibawakan secara monolog oleh pembicara.

Sementara Talkshow akan ada obrolan yang dipandu oleh seorang host dengan narasumber dari berbagai bidang yang akan berbagi pengalamannya berkarya di industri masing-masing, mulai dari dunia seni & kreatif, bisnis hingga holistic wellness. Pada area Workshop
narasumber akan memberikan insight lebih dalam kepada audiens, dan terakhir Networking Lounge, sesi tanya jawab dengan pembicara secara personal yang dibuka secara eksklusif bagi audiens yang mendaftar lebih dulu.

Pada Pilar Art, Playfest menghadirkan berbagai kurasi karya seni melalui Virtual Art Gallery. Audiens dapat merasakan pengalaman berada di galeri seni virtual dengan 360 Virtual Art Exhibition yang sekaligus mewadahi para seniman untuk berpameran di tengah situasi saat ini. Mengangkat tema “Minor Changes”, pameran virtual ini menyoroti citra peralihan modus seni di era budaya digital.

Virtual Art Gallery merupakan hasil kerja sama dengan Siasat Partikelir, sebuah komunitas kolektif seniman yang mewadahi para seniman dalam mengembangkan karyanya dan saat ini sudah tersebar luas di Indonesia. Lebih dari 30 karya seni yang ditampilkan merupakan hasil kurasi Siasat Partikelir & Uvisual.

Terakhir, Pilar Entertainment, terdapat berbagai hiburan yang dihadirkan. Area Playstage menghadirkan virtual stage performance dari para musisi kenamaan.

Sementara pada Virtual Karaoke pengunjung diajak untuk berkaraoke secara virtual. Creators on The Ground (COTG) tahun ini menghadirkan talkshow dari para content creator kenamaan, juga seru-seruan melalui games dan challenge yang akan dilakukan oleh para kreator. Terakhir bagi kalian yang suka berbelanja, Playfest menyediakan The Market yang disiapkan bersama dengan Blibli.

Sederet nama yang telah dipastikan hadir pada Playfest 2020 antara lain Najwa Shihab, Nuseir Yassin (Nas Daily), Axton Salim, Angga Dwimas Sasongko, Didiet Maulana, Hannah Al Rashid, Sisca Soewitomo, Nikita Dompas, Yura Yunita, Pamungkas, Fourtwnty, Mira Sumanti, Melly Goeslaw, Ronald Steven, Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Andibachtiar Yusuf, Darbotz, Adi Panuntun, Kendra Paramita, Hari Prast, Bapak2ID, Willgoz, Lizzie Parra, Reality Club, Diskoria, Oddie Randa, Adjie Santosoputro, Bimo Kusumo, Reality Club, JKT48, dan masih banyak lagi.
Pendaftaran Playfest 2020 sudah bisa dilakukan melalui laman playfest.narasi.tv. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum.

Untuk kalian yang ingin tahu informasi terbaru Playfest, jangan lupa follow akun Twitter dan Instagram @playfestnarasi sekarang juga.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Ogi Wicaksana
Corporate Communication, Narasi
M: +62857-1179-2337
E: ogi@narasi.tv

Tentang Narasi

Narasi adalah media berbasis digital dengan visi memberdayakan ruang untuk berpendapat, memperkaya perspektif, dan mendorong terciptanya gerakan untuk membentuk generasi yang lebih baik. Melalui pilar Konten, Komunitas dan Kolaborasi, Narasi mewujudkan visi tersebut dengan membuat konten-konten berbasis jurnalisme kreatif, manajemen komunitas, off-air event, juga kolaborasi dengan para kreator konten berbakat. (Kanalkalimantan.com/andy)

 

Reporter : Andy
Editor : Cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

HIBURAN

Syahrini Pamer Sweater Harga Selangit, Warganet Kepikiran Nyucinya Gimana

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Potretnya saat mengenakan sweater harga selangit itu diunggah bertepatan untuk menyambut bulan baru di tahun baru. Foto: suara
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA – Artis Syahrini belum lama ini membuat banyak warganet penasaran. Hal itu terutama saat melihat unggahan terbaru istri dari Reino Barack itu yang pamer menggenakan sweater harga selangit.
Potretnya saat mengenakan sweater harga selangit itu diunggah bertepatan untuk menyambut bulan baru di tahun baru.

Dalam foto itu, Syahrini tampil cantik dan cetar dalam balutan outfit serba cokelat. Ia tampak memakai sweater Louis Vuitton yang dipadukan dengan skirt dan coat warna senada.

Gaya Syahrini di foto ini langsung ditelusuri oleh akun Instagram @fashionsyahrini yang memang sering membahas detail merek dan harga barang fesyen Incess.

Dari unggahan akun @fashionsyahrini diketahui sweater yang dipakai Syahrini di foto terbarunya dibanderol dengan harga 1.400 Euro atau sekitar Rp24,2 juta.



 

Warganet pun langsung menyerbu unggahan tersebut dan menulis beragam komentar. Dari ratusan komentar yang ada, beberapa warganet rupanya rumpi menyoroti hal yang sama.

Warganet kompak membicarakan soal kenyamanan sweater mahal seperti yang dipakai oleh Syahrini. Mereka juga penasaran bagaimana para selebriti mencuci baju-baju mahal.

“Baju mehong mehong gitu jaminan nyaman gak sih….misal dipake gak gerah, serius nanya (emoji),” komentar warganet.

“Kebanyakan nyaman sih. Tapi kepikiran saat dijemur takut hilang atau nyuci takut kelunturan atau takut ada orang/saudara pinjam alias ribet banget deh. Mending yang harga wajar-wajar aja,” timpal lainnya.

“Biasanya orang ngelaundry apalagi kalo pakaian-pakaian mahal, laundry di tempat yang ‘royal’ juga,” celetuk yang lain.

Sementara itu, Syahrini melengkapi penampilannya dalam foto tersebut dengan tas Hermes koleksi terbatas. Tas tersebut dibanderol dengan harga Rp2,8 miliar dan hanya ada 50 buah di seluruh dunia. (suara)

Reporter : suara
Editor : cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

HIBURAN

Ini 10 Drama Korea Terpopuler Sepanjang 2020, Sudah Nonton?

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Serial drama The World of the Married menjadi yang paling populer sepanjang 2020 Foto: ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU– Sepanjang 2020, sejumlah drama Korea terpopuler berhasil menarik minat pemirsa televisi baik di jaringan televisi analog, kabel, maupun streaming.

Bukan hanya itu, beberapa judul bahkan mencetak rekor rating tertinggi sepanjang sejarah dan jadi buah bibir sepanjang penayangannya.
Berdasarkan data Nielsen Korea dan terbagi menjadi dua kelompok besar, tayangan jaringan televisi kabel dan analog.
Untuk jaringan TV Kabel, ada 5 drakor yang cukup populer yakni:
1. The World of the Married
The World of the Married menjadi drama Korea terpopuler 2020 di jaringan televisi kabel Korea Selatan. Drama terpopuler nomor wahid ini mencatatkan rekor dengan rating tertinggi sebesar 28,3 persen dan rata-rata sebesar 18,8 persen.
Drama rilisan JTBC ini mengisahkan kehidupan rumah tangga Pasangan Lee Tae-oh (Park Hae-joon) dan Ji Sun-woo (Kim Hee-ae). Mereka dikenal sebagai salah satu pasangan terharmonis di Gosan. Pasangan ini dikaruniai anak laki-laki bernama Lee Joon-yeong (Jeon Jin-seo).

Namun sebuah skandal membuat keluarga yang awalnya harmonis berubah menjadi berantakan setelah Lee Tae-oh berselingkuh dengan seorang gadis muda Da-kyung (Han So-hee). Perselingkuhan ini memberikan banyak pihak menderita dan berujung perpisahan.

2. Crash Landing On You
Crash Landing On You mengangkat kisah cinta beda negara yang dialami Yoon Se-ri (Son Ye-jin), seorang pewaris dari keluarga kaya di Korea Selatan. Dalam sebuah insiden, paralayang Se-ri harus mendarat di Korea Utara karena terpaan angin kencang.
Saat berusaha mencari jalan pulang ia bertemu seorang perwira Korea Utara bernama Ri Jung-hyuk (Hyun Bin). Meski awalnya mereka berselisih paham, Kapten Ri pun iba dan bertekad menyelamatkan Se-ri agar bisa kembali ke Korea Selatan. Seiring dengan berjalannya waktu keduanya saling jatuh cinta.



Crash Landing On You rilisan tvN ini menjadi drama Korea terpopuler kedua pada 2020 dengan perolehan rating rata-rata sebesar 12,4 persen dan puncaknya tercatat sebesar 21,6 persen.

3. Itaewon Class
Drama Korea keluaran JTBC Itaewon Class menceritakan kehidupan Park Sae-roy (Park Seo-joon), seorang pemuda gigih yang tak berkompromi dengan ketidakadilan dan korupsi. Namun prinsip itu membuat Sae-roy terlibat banyak masalah, mulai dari berkelahi dengan anak penguasha kaya, dipenjara hingga kehilangan ayahnya. Tapi semua itu tidak mengubah pandangannya.

Sae-roy tetap berpegang teguh pada prinsipnya dan bertekad mendirikan restoran untuk membalas dendam di masa lalu. Park Sae-roy kemudian berteman dengan pemuda lainnya yang sama-sama keras kepala dan tak kenal takut. Itaewon Class mencatatkan rating rata-rata sebesar 11,8 persen kala tayang dengan puncak mencapai 16,5 persen, dan menempati posisi ketiga terpopuler tahun ini.

4. Hospital Playlist
Drama Hospital Playlist berfokus pada kisah persahabatan lima orang yaitu Lee Ik Joon (Jo Jung-suk), Ahn Jung Won (Yoo Yeon-seok), Kim Joon Wan (Jung Kyung-ho), Yang Seok Hyung (Kim Dae-myung), dan Chae Song Hwa (Jeon Mi-do).
Mereka bertemu sejak masuk sekolah kedokteran 20 tahun lalu. Hanya dengan berpandangan, mereka langsung bisa membaca pikiran satu sama lain. Keseharian kelima dokter ini diisi berbagai kehidupan dan kematian yang terjadi di rumah sakit tempat mereka bekerja. Tidak hanya kompak di kantor, mereka bahkan kompak membentuk band bersama.
Drama Korea rilisan tvN ini mencatatkan rating rata-rata sebesar 10,9 persen dengan puncak mencapai 14,1 persen.

5. Hi Bye, Mama
Hi Bye, Mama menceritakan kisah Cha Yu-ri (Kim Tae-hee), seorang ibu yang meninggal dunia dalam kecelakaan tragis lima tahun lalu dan diberi kesempatan kembali kepada suami dan putrinya sebagai hantu selama 49 hari. Sementara itu, Jo Kang-Hwa (suami Cha Yoo-Ri) yang dibintangi oleh Lee Kyu-Hyung menjadi sosok pemurung setelah istrinya meninggal.
Namun, ketika ia mendapat kabar mendiang istrinya kembali sama persis seperti lima tahun lalu, Jo Kang-hwa menemukan hidupnya terbalik untuk kedua kalinya.

Dirilis melalui tvN, drama Hi Bye, Mama berhasil mencetak rating rata-rata sebesar 5,473 persen dengan puncak rating sebesar 6,519 persen, dan menempatkannya di posisi kelima drama Korea terpopuler 2020 di jaringan tv kabel.

Sedangkan untuk jaringan TV Analog, lima drakor yang populer yakni:
1. Dr. Romantic 2
Serial drama Korea Dr. Romantic 2 bercerita mengenai rutinitas di Rumah Sakit Dol Dam yang tidak lepas dari hal-hal yang berhubungan dengan pasien dengan berbagai kondisi.

Cerita berpusat dari kehidupan tiga dokter utama yakni Kim Sa-bu (Han Suk-kyu) yang merupakan seorang dokter bedah jenius dan dua dokter muda dengan karakter yang bertolak belakang bernama Cha Eun-jae (Lee Sung-kyung) dan Seo Woo-jin (Ahn Hyo-seop).
Setelah berteman dengan dr. Kim, secara perlahan tapi pasti sifat-sifat yang dimiliki dua dokter muda tersebut berubah. Keduanya sama-sama mendapat banyak pelajaran dari kehidupan dr. Kim yang unik sehingga membuat ketiganya menjadi partner tim yang baik. Dr Romantic 2 menjadi drama Korea dengan rating tertinggi pada 2020 di jaringan televisi analog SBS dengan perolehan rata-rata sebesar 18,3 persen dan puncaknya pernah mencapai 27,1 persen.

2. Hot Stove League
Drama Korea Hot Stove League merupakan drama yang menceritakan kisah tentang persiapan sebuah tim liga utama bisbol Korea bernama Dreams yang dikenal memiliki reputasi buruk. Di saat tim sedang berusaha bangkit untuk tampil di liga besar, manajer tim bernama Lee Se-young (Park Eun-bin) menghadapi masalah baru setelah kehadiran seorang manajer tim baru bernama Baek Sung-soo (Namgoon Min).

Hot Stove League yang tayang di jaringan televisi analog SBS ini mencapai rating rata-rata penayangan mencapai 14,1 persen dengan puncaknya pernah hingga 19,1 persen.

3. The Penthouse
Drama yang tayang di saluran SBS ini menceritakan tentang kehidupan kaum kelas atas yang tinggal di sebuah penthouse (griya tawang) mewah bernama Hera Palace. Para penghuni apartemen ini memiliki banyak rahasia dan ambisi masing-masing. Salah satunya Sim Soo-ryeon (Lee Ji-ah) keturunan konglomerat yang bersikap seperti ratu di penthouse tersebut. Ia menikah dengan Joo Dan-tae (Uhm Ki-joon) seorang pebisnis real estate.

Mereka bertetangga dengan pasangan ambisius bernama Cheon Seo-jin (Kim So-yeon) dan Ha Yoon-cheol (Yoon Jong-hoon). Berbeda dengan penghuni lain, Oh Yoon-hee (Eugene) justru datang dari keluarga miskin. Namun ia bertekad untuk melakukan apapun agar dapat menjadi ratu penthouse demi anak-anaknya.
Serial The Penthouse masih berjalan dengan puncak rating yang tercatat sebesar 24 persen secara nasional di Korea Selatan pada 22 Desember 2020.

4. Hyena
Drama bertema hukum yang tayang di saluran SBS ini mengisahkan tentang Yoon Hee Jae (Joo Ji Hoon), seorang pengacara kelas atas yang bekerja hanya untuk kalangan elit Korea Selatan. Hee Jae menggunakan keahliannya untuk mendukung orang-orang penting di Korea.

Berbeda dengan Jung Geum Ja (Kim Hye Soo) seorang pengacara yang tidak mengejar kesuksesan dan siap menolong siapapun tanpa memandang status ekonomi maupun kelas sosial. Hyena menjadi drama Korea terpopuler 2020 ke-empat dengan perolehan rating rata-rata mencapai 10,1 persen dan rating tertinggi sebesar 14,6 persen.

5. Good Casting
Peringkat kelima drama Korea terpopuler 2020 ditempati oleh Hyena dari SBS yang mencatatkan rating rata-rata sebesar 8,5 persen dan puncaknya pernah mencapai 12,3 persen. Drama bergenre aksi komedi ini mengangkat kisah tentang tiga orang perempuan berbeda karakter bernama Baek Chan-mi (Choi Kang-hee), Im Ye-eun (Yoo In-young) dan Hwang Mi-soon (Kim Ji-young).
Mereka bekerja sebagai agen rahasia dan sedang menyamar untuk menyelidiki kasus korupsi di sebuah perusahaan. Di saat menyelidiki kasus besar yang bisa mempengaruhi perekonomian Korea Selatan, tiga orang ini harus bergelut dengan masalah mereka masing-masing yang membuat misi yang diemban menjadi semakin menarik. (Kanalkalimantan.com/cnnindonesia)

Editor: cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->