Connect with us

Kanal Sepekan

SIMAK. Lima Rangkuman Berita Terhangat Pekan Ini di Kanalkalimantan!

Diterbitkan

pada

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sejumlah peristiwa di Kalimantan Selatan menjadi berita paling hangat di pekan ini. Dimulai dari sembuhnya 84 pasien Covid-19 di Karantina BPSDM Kalsel. Tren kesembuhan pasien ini terjadi pada Senin (7/7/2020), saaat puluhan orang telah diinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang usai menjalani karantina khusus di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalsel, Jalan Panglima Batur, Kota Bajarbaru. “Total yang sembuh dan diperbolehkan pulang pada hari ini ada sebanyak 84 orang. Ini merupakan jumlah terbanyak yang kita pulangkan, sampai saat ini,” kata Koordinator Karantina Provinsi Kalsel Sukamto. (Baca: KABAR BAIK. 84 Pasien Positif Covid-19 Karantina di BPSDM Kalsel Sembuh Dipulangkan).

Rangkuman berita terhangat pekan ini di Kanalkalimantan Foto: kanal

Informasi lainnya terkait satu persatu tenaga kesehatan di Kota Banjarbaru, baik dokter, perawat, hingga bidan, terpapar Covid-19. Hal ini menunjukan fakta bahwa penularan virus di lingkungan fasilitas kesehatan nyatanya tak bisa dihindari. Terbaru ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banjarbaru menyatakan ada 10 tenaga kesehatan yang terpapar, berasal dari dua Puskesmas di Kecamatan Landasan Ulin. Yakni, 3 orang dari Puskesmas Guntung Payung dan 7 orang dari Puskesmas Guntung Manggis. Buntut kasus tumbangnya para tenaga kesehatan, berujung pada keputusan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru untuk menutup layananan di dua Puskesmas tersebut, selama dua hari, tepatnya 6-7 Juli. Sedangkan, mereka yang sudah dinyatakan terpapar harus menjalani isolasi. (Baca: Covid-19 ‘Tumbangkan’ Barisan Tenaga Kesehatan di Banjarbaru, Salah Siapa?)

Terkait politik, Musda yang akan digelar DPD Partai Golkar Kalsel pada 17 Juli 2020 dipastikan hanya akan diikuti calon tunggal. Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel H Supian HK di Banjarmasin, Selasa (7/7/2020) mengatakan, Ketua DPD Partai Golkar Kalsel saat ini yaitu H Sahbirin Noor dipastikan akan kembali menduduki jabatan tertinggi partai beringin di Kalsel. Karena, Paman Birin -sapaannya- sudah terpilih secara aklamasi oleh pengurus DPD di 13 kabupaten dan kota di Kalsel. (Baca: Tanpa Pesaing Paman Birin Kembali Pegang Kendali Golkar Kalsel.)

Sementara itu, Sejumlah THM (Tempat Hiburan Malam) di Banjarmasin secara terang-terangan membuka operasional di tengah pandemi Covid-19. Instruksi Wali Kota Banjarmasin yang tertuang dalam surat bernomor Nomor 556/535 /Pengpar/ Disbudpar per 31 Maret 2020 tentang penutupan operasional sementara dalam rangka mengantisipasi kewaspadaan Covid-19 tak dipatuhi pengelola usaha THM.  Padahal, sangat jelas disebutkan THM baik diskotik, pub, karaoke, rumah biliar dan sejenisnya, usaha penyelenggaraan hiburan, usaha kegiatan even organizer dan sejenisnya yang berpotensi mengumpulkan khalayak orang ramai, diminta tetap mempedomani SE Wali Kota Banjarmasin No 556/491/Pengpar/Disbudpar tanggal 20 Maret 2020. Para pengelola THM tetap diminta menghentikan kegiatan operasional sejak 1 April 2020 hingga batas waktu yang akan ditentukan. (Baca: THM di Banjarmasin Nekat Buka, Surat Edaran Wali Kota Tak Dipatuhi)



Tak kalah menarik, kisah sejumlah mahasiswa asal Banjar yang memilih bertahan untuk belajar di episentrum pandemi Covid-19 juga menjadi perhatian pembaca. Jauh dari keluarga di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi, tentu bukan hal yang menyenangkan. Tapi itulah yang dialami para mahasiswa yang saat ini sedang ada di luar negeri. Mereka berjuang meraih pendidikan meski tanpa kehangatan keluarga di situasi berbeda dari sebelumnya. Hal ini juga dialami oleh Mohamad Syahri Romadhon, mahasiswa asal Cindai Alus Martapura, yang saat ini menempuh pendidikan di Suzhou Polytechnic Institute Agriculture, Suzhou, China. (Baca: Kisah Mahasiswa Banjar di China, Sempat Takut Saat Pertama Pandemi Covid-19).

(Kanalkalimantan.com/tim)

 

Reporter : TIM
Editor : TIM


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan
Komentar

Kanal Sepekan

SIMAK! Berita Terhangat Pekan Ini di Kanalkalimantan

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

5 berita terpilih kanalkalimantan.com pekan ini. Foto : courtesy
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sejumlah berita hangat telah kami sajikan pada pekan ini, berikut lima rangkuman berita kanalkalimantan.com pekan ini.

 

Swab Massal 10.000 Sample Penduduk di Kalsel Digelar Agustus, Banjarmasin Jatah Terbanyak!



Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB) akan melaksanakan tes swab massal kepada 10.000 sample penduduk atau spesimen.

Dalam rencana ini, Pemprov Kalsel menggelar persiapan bersama jajaran BNPB, TNI dan Polri. Pelaksanan tes swab massal ini akan dilakukan dalam beberapa pekan ke depan.

Selengkapnya :

Swab Massal 10.000 Sample Penduduk di Kalsel Digelar Agustus, Banjarmasin Jatah Terbanyak!

790 Ventilator ITB-Unpad Telah Dikirim ke 34 Provinsi

Ketua tim Ventilator Indonesia (Vent-I) Dr. Ir. Syarif Hidayat mengatakan, per Jumat 24 Juli, Vent-I telah diterima oleh 277 rumah sakit yang tersebar di 34 provinsi. Dia mengatakan, Vent-I adalah produk kebanggan Indonesia. “Ini adalah karya bangsa, sejak awal pun dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah bangsa, dan melibatkan seluruh komponen bangsa,” terangnya dalam pertanggungjawaban publik Vent-I di Bandung, Jumat (24/7) siang.

Proyek Vent-I dimulai pada Maret 2020 dengan dana awal 50 juta Rupiah. Pada bulan April, Vent-I telah lolos serangkaian pengujian oleh Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan (BPFK, meliputi uji kalibrasi, uji fungsi, dan uji ketahanan. Pada bulan Mei, Vent-I dinyatakan lolos uji klinis setelah diuji di beberapa rumah sakit.

Selengkapnya :

790 Ventilator ITB-Unpad Telah Dikirim ke 34 Provinsi

 

Persiapan Haji di Arab Saudi Dimulai

KANALKALIMANTAN.COM, MEKKAH – Para pekerja di Arab Saudi membersihkan lantai-lantai dan pilar-pilar Ka’bah di Arab Saudi ketika seribu jemaah pertama mulai tiba untuk menjalankan ibadah haji terbatas tahun ini.

Arab Saudi mengatakan pandemi virus corona membuat jumlah jemaah yang diizinkan haji tahun ini “sangat terbatas.” Biasanya sekitar dua juta orang dari seluruh belahan dunia datang untuk menjalankan rukun Islam kelima itu.

Selengkapnya :

Persiapan Haji di Arab Saudi Dimulai

Kritik Nadiem Makarim, Federasi Guru: Mendikbud Adalah Menteri Jarak Jauh

Wasekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim mengkritik Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang jarang terlihat turun menyelesaikan permasalahan pendidikan di masa pandemi virus corona Covid-19.

Satriwan mengatakan, terakhir kali dia melihat Nadiem mengurus langsung pendidikan yakni ketika mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin di SMA Negeri 4, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (08/07/2020) lalu.

“Mas Menteri selama PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) ini lebih banyak memerintah dengan metode PJJ juga, jadi saya mengatakan, mas Menteri kita ini menteri pendidikan jarak jauh karena memerintahnya dari jarak jauh juga,” kata Satriwan Salim dalam diskusi virtual, Rabu (29/8/2020).

Selengkapnya :

Kritik Nadiem Makarim, Federasi Guru: Mendikbud Adalah Menteri Jarak Jauh

Wali Kota Banjarbaru dan Istri Dinyatakan Positif Covid-19

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru melalui bidang Humas dan Protokol merilis video rekaman Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani yang memberitahukan kepada masyarakat bahwa dirinya terkonfirmasi positif Covid-19, Senin (27/9/2020).

Dalam video berdurasi kurang lebih satu menit itu, Wali Kota menyatakan selain dirinya, sang istri Ririn Nadjmi Adhani juga ikut terpapar virus tersebut. Di video itu juga melihatkan bahwa saat Nadjmi tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru.

Selengkapnya :

BREAKING NEWS. Wali Kota Banjarbaru dan Istri Dinyatakan Positif Covid-19

Penanggung Jawab Produksi: Abizarin Al Ghifari
Redaktur : Slamet Affifudin dan Sofyar Redhani
Reporter: Gusti Fikri, Alfrico Purba, Wahyu dan Putra Silitonga
Produser: Juni Arfiandy
Kreatif : Yuda Ekaristono
News Caster: Nadila Febycha

 

 

 

 

 


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Kanal Sepekan

SIMAK. Lima Rangkuman Berita Terhangat Pekan Ini di Kanalkalimantan

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sejumlah peristiwa di Kalimantan Selatan menjadi berita paling hangat di pekan ini.

Resmi! Idul Adha 1441 Hijriah Jatuh Hari Jumat 31 Juli

Kementerian Agama RI resmi menetapkan awal Zulhijjah, Rabu 22 juli 2020, dan Hari Raya Idul Adha pada Jumat 31 juli 2020. Keputusan itu adalah hasil sidang isbat yang berlangsung di kantor Kementerian Agama dan melalui konferensi video, Jakarta Pusat, Selasa 21 juli 2020

Menteri Agama Fachrul Razi menuturkan, informasi hitungan hisab telah terkonfirmasi di 84 titik rukyat yang tersebar di 34 provinsi. Dari 84 titik rukyat, petugas yang telah disumpah oleh hakim pengadilan agama setempat di lebih dari 12 titik melihat hilal.



Kanal Sepekan, rangkuman lima berita terpilih kanalkalimantan. (courtesy foto)

Selengkapnya :

Resmi! Idul Adha 1441 Hijriah Jatuh Hari Jumat 31 Juli

Jubir Covid-19 Yurianto Dicopot, Kasus Baru Corona Tak Lagi Diumumkan

Pemerintah telah mengganti juru bicara untuk penanganan virus corona Covid-19 Achmad Yurianto dengan Wiku Adisasmito. Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah juga mengubah penyampaian kasus positif corona secara harian yang sebelumnya disampaikan oleh Yurianto.

Pergantian ini seiring dengan peralihan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menjadi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020.

Selengkapnya :

Jubir Covid-19 Yurianto Dicopot, Kasus Baru Corona Tak Lagi Diumumkan

‘Mission Impossible’ Edy-Astina di Jalur Independen, Wajib Setor Tambahan 18.249 Dukungan!

Satu-satunya penantang incumbent Nadjmi-Jaya di jalur independen yakni duet Edy Saifuddin-Astina Zuraidah terancam tersandung dari pencalonan. Hasil verifikasi faktual dan rekapitulasi dukungan yang digelar KPU Banjarbaru menyatakan adanya kekurangan dukungan lebih dari 50 persen.

Konsekwensinya, mereka pun harus bisa memenuhi ‘denda suara’ sebanyak 18.249 dukungan KTP.

Selengkapnya :

‘Mission Impossible’ Edy-Astina di Jalur Independen, Wajib Setor Tambahan 18.249 Dukungan!

 Di Bawah ‘Bayang-bayang’ Ketakutan, 3.928 Anak jadi Korban Kekerasan Selama Pandemi Covid-19

Ancaman kekerasan dan eksploitasi anak memiliki kecenderungan meningkat saat pandemi Covid-19. Tekanan ekonomi serta berubahnya tatanan hidup baru berdampak pula pada perkembangan anak. Data Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak Indonesia (Simponi) Kemen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dari Januari-17 Juli 2020, terjadi 3.928 kasus kekerasan terhadap anak.

Selengkapnya :

Di Bawah ‘Bayang-bayang’ Ketakutan, 3.928 Anak jadi Korban Kekerasan Selama Pandemi Covid-19

PSSI Rilis 29 Nama Pemain Senior Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022

PSSI akhirnya merilis 29 nama pemain senior yang akan mengisi skuat Timnas Indonesia kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Selasa (21/7/2020).

Dikutip dari laman resmi PSSI, pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 29 pemain senior dan 46 pemain U-19 untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) dua timnas di Jakarta.

Selengkapnya :

PSSI Rilis 29 Nama Pemain Senior Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022

Penanggung Jawab Produksi: Abizarrin Al Ghifari
Redaktur : Slamet Affifudin dan Sofyar Redhani
Produser: Juni Arfiandy
Kreatif : Yuda Ekaristono
News Caster: Nadila Febycha


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->