Connect with us

Kab. Hulu Sungai Utara

Syaifullah Tamliha Bagi 1.200 Sembako Warga Terdampak Covid-19 di Empat Kabupaten

Diterbitkan

pada

Sembako yang dibaikan anggota DPR Syaifullah Tamliha Foto: dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Anggota DPR RI dari Fraksi PPP H Syaifullah Tamliha bagikan 1.200 paket sembako untuk masyarakat terdampak covid-19 di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan, Hulu Sungai Tengah (HST), dan Hulu Sungai Selatan (HSS).

Melalui Tenaga Ahli Anggota (TAA) Syaifudin Al Ansyari, Tamliha mengatakan sebanyak 1.200 paket sembako tersebut dibagikan melaui DPC PPP di empat kabupaten dan diserahkan ke PAC untuk diserahkan ke masyarakat. “Ini merupakan bentuk kepedulian PPP terhadap masyarakat yang terdampak covid 19, khususnya kader dan simpatisan PPP di daerah,” ujarnya disela penyaluran bantuan tersebut di Kabupaten HSU, Rabu (20/5/2020).

Disamping diperuntukkan bagi warga terdampak covid-19, sembako ini juga dibagikan kepada guru ngaji dan simpatisan PPP di empat kabupaten. Ia berharap dengan adanya bantuan paket sembako ini dapat membantu masyarakat terlebih di saat pandemi covid 19 seperti sekarang ini.

Sementara itu, Ketua DPC PPP HSU, H Fathurahim, mengakui sangat mengapresiasi atas bantuan paket sembako yang diberikan kader PPP Kalsel yang duduk di DPR RI ini. “Kita mengucapkan banyak terimakasih kepada Syaifullah tamliha yang telah memberikan bantuan paket sembako untuk masyarakat khususnya para kader dan simpatisan PPP yang ada di daerah,” ucap anggota DPRD HSU ini.

Selain itu, menurut Fathurahim bantuan ini juga sangatlah bermanfaat dan sangat membantu masyarakat terlebih di saat pandemi covid 19 ini.(kanalkalimantan.com/dew)

 

Reporter : Dew
Editor : Cell

 

Advertisement
Komentar

Kab. Hulu Sungai Utara

Diskominfo HSU Siarkan Khutbah Idulfitri 1441 H di TV Lokal

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Teks: Ketua MUI HSU KH Said Masrawan Lc Foto: Dewachyudi

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Meski ada imbauan pelaksanaan sholat Idulfitri 1441 H di rumah masing-masing, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) meyakinkan masyarakat HSU tidak perlu khawatir untuk dapat menyimak khutbah khusus melalui televisi lokal Kominfo di rumah.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan Covid-19 di kabupaten HSU sesuai arahan pemerintah dan MUI agar masyarakat dapat melaksanakan salat Id di rumahnya masing-masing saja, di samping dapat menyimak khutbah Idulfitri dari ketua MUI Kabupaten HSU.

“Kami beritahukan kepada masyarakat HSU yang melaksanakan salat Idulfitri di rumah bisa mengikuti khutbah salat Idulfitri 1441H, Minggu 24 mei 2020 pukul 08.00 Wita melalui TV kominfo disampaikan oleh ketua MUI kabupaten HSU,” ujar Kepala Diskominfo HSU H Adi Lesmana kepada kanalkalimantan.com, Sabtu (23/5/2020)

Dia mengharapkan melalui siaran TV Kominfo ini dapat membantu kelancaran pelaksanaan ibadah Idulfitri dengan memutus rantai Covid-19.

Ketua MUI HSU KH Said Masrawan Lc mengatakan khutbah melalui siaran TV ini dilakukan sebagai pengganti khutbah yang awam biasa dilakukan, khususnya untuk para warga HSU yang melaksanakan sholat Ied dirumah.

Terlebih, katanya, kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga melalui MUI juga telah mengeluarkan Fatwanya, yakni Fatwa Majelis Ulama Indonesia nomor 28 tahun 2020 tanggal 13 Mei 2020 terkait tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idulfitri Saat Pandemi Covid-19 tertanda Prof DR H Hasanuddin. AF. (kanalkalimantan.com/dew)

 

Reporter : Dew
Editor : Dhani

 

Lanjutkan membaca

Kab. Hulu Sungai Utara

Ulama dan Tokoh Agama di HSU Anjurkan Sholat Id di Rumah

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

Silaturrahmi AKP Cece Sudrajat dengan alim ulama di HSU. Foto : humas polres hsu for kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Polres Hulu Sungai Utara (HSU) memastikan para tokoh agama dan para alim ulama di Kabupaten HSU kompak menganjurkan Sholat Idul Fitri 1441 Hijriyah dilaksanakan di rumah saja.

Hal tersebut seperti diungkapkan Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto SIK MH melalui Kasat Intelkam Polres HSU AKP Cece Sudrajat usai melakukan silaturahmi ke kediaman para tokoh agama dan alim ulama di Kabupaten HSU, Sabtu (23/5/2020).

Lebih lanjut, Cece Sudrajat mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten HSU mematuhi anjuran dan imbauan pemerintah untuk tidak melaksanakan takbiran keliling dan melaksanakan sholat Idul Fitri berjamaah di mesjid ataupun di lapangan.

“Kami harapkan benar-benar dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai bagian dari usaha bersama melawan virus corona,” tegasnya.

Dikatakannya, anjuran dan imbauan tersebut berdasarkan : Fatwa Majelis Ulama Indonesia nomor 28 tahun 2020 tanggal 13 Mei 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Sholat Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19. Ditambah Edaran Gubernur Kalsel nomor : 443/267/Wasnas/Kesbangpol tanggal 19 Mei 2020 tentang Pelaksanaan Idul Fitri 1441 H.

Serta imbauan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalsel nomor : 31/II.0/A/2020 tanggal 18 Mei 2020 dan imbauan Sholat Idul Fitri Pengurus NU Kalsel nomor : 282/PW/Tanf.A.II/V/2020 tanggal 21 Mei 2020.

Jadi, menurut Cece semua imbauan dan Fatwa tersebut bertujuan baik untuk seluruh lapisan masyarakat karena mengingat semakin tingginya penularan Covid-19.

“Hal ini merupakan bentuk manifestasi kepedulian kita dalam hal memutus mata rantai pandemi Virus Corona ini,’’ tutur AKP Cece Sudrajat

Selain itu, dirinya memastikan larangan itu bukan karena pemerintah bermaksud menghalang-halangi kegiatan beribadah umat Islam, akan tetapi murni sebagai upaya menahan laju pandemi Covid-19.

“Mengingat wabah corona makin meluas dan berbahaya, maka sebaiknya kita ikuti anjuran pemerintah demi meminimalisir dan memutus mata rantai penularan virus corona. Dan ini untuk kebaikan dan kemaslahatan orang banyak,’’ imbuhnya.

Ditambahkan Cece lagi, selama melakukan kunjungan ke beberapa tokoh agama dan alim ulama kemarin, ia menyebut mereka sepakat akan mengikuti Fatwa MUI, imbauan Gubernur Kalsel, imbauan Pimpinan Muhammadiyah dan NU serta akan disampaikan kepada jemaah masing-masing dan masyarakat Kabupaten HSU untuk mengindahkan anjuran dan himbauan pemerintah untuk tidak melaksanakan takbiran keliling dan melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah saja.

Salah satu tokoh agama di HSU KH Abdul Hamid yang mendukung surat edaran Gubernur Kalsel dan menghimbau kepada masyarakat HSU dalam pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1441 Hijriyah melaksanakan di rumah masing-masing.

“Kami harapkan benar-benar dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai bagian dari usaha bersama melawanv virus corona,” pungkas AKP Cece Sudrajat (kanalkalimantan.com/dew)

 

Reporter : Dew
Editor : Bie

 

Lanjutkan membaca

Kab. Hulu Sungai Utara

16 Desa di Kecamantan Babirik Terima Penyaluran BST dan BLT-DD Covid-19

Diterbitkan

pada

Diunggah oleh

penyaluran bantuan kepada 16 desa di Kecamatan Babirik Foto: dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI –  Total Rp 19 miliar bantuan bagi warga terdampak Covid-19 di 16 Desa di Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mulai disalurkan. Baik berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI, maupun dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (BLT-DD).

Penyaluran bantuan sendiri dibagi menjadi dua lokasi yakni di SMPN 1 Babirik sebagai tempat penyaluran BST sedangkan untuk penyaluran BLT Dana Desa (BLT DD) bertempat di Kantor Camat Babirik, Selasa (19/5/2020).

Didampingi aparat desa bersangkutan, sebanyak 471 Kepala Keluarga (KK) dari 13 Desa di Kecamatan Babirik menerima BST Kemensos RI. Meliputi Desa Babirik Hilir sebanyak 75 KPM, Babirik Hulu 41 KPM, Sungai Dalam 18 KPM, Sungai Durait Hilir 45 KPM, dan Sungai Durait Hulu 52 KPM.

Selain itu, Desa Hambuku Lima 45 KPM, Sungai Luang Hulu 23KPM, Hambuku Baru 27KPM, Hambuku Hilir 16 KPM, Sungai Nyiur 6KPM, Sungai Luang Hilir 48KPM, Kalumpang Dalam 29 KPM, dan Desa Kalumpang Luar sebanyak 46 KPM.

Sedangkan untuk penerima BLT-DD Dana sebanyak 132 KK dari 3 Desa berhak menerimanya, yaitu Desa Sungai Nyiur benyak 17 KK, Desa Pajukungan Hilir 44 KK dan Desa Kalumpang dalam sebanyak 71KK.

Camat Babirik Harunnurrasyid, mengharapkan melalui bantuan ini setidaknya dapat meringankan beban warga terdampak Covid-19. “Mudah-mudahan penggunaan dana BLT ini digunakan dengan sebijak-bijaknya misalnya untuk keperluan rumah tangga,” ujar Harun.

Sementara itu, salah seorang warga penerima BLT Rahmawati mengaku sangat bersyukur dengan adanya bantuan ini ditengah pengakuannya sebagai guru ngaji. “Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini dapat meringankan kebutuhan hidup sehari-hari,” pungkasnya. (kanalkalimantan.com/dew)

 

Reporter : Dew
Editor : Cell

 

Lanjutkan membaca

Paling Banyak Dibaca

-->
Share via
Copy link
Powered by Social Snap